Sukses

[VIDEO] Usulan Truk Sampah Jokowi Ditolak, Warga Kumpulkan Koin

DPRD menolak usulan pembelian 200 truk sampah yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Warga pun menggaungkan Gerakan Koin Sampah.

Penduduk Jakarta menghasilkan lebih dari 6 ribu ton sampah setiap hari yang sebagian besar dibuang di sungai. Sementara, 700 truk sampah yang dimiliki pemerintah, rata-rata berusia di atas 20 tahun.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bersama wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pun belum lama ini mengusulkan pembelian 200 truk sampah. Namun, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (8/2/2014), usulan ini ditolak DPRD DKI Jakarta. Wakil rakyat beralasan, truk sampah akan dikelola pihak swasta.

Penolakan itu ternyata menggulirkan `Gerakan Koin untuk Truk Sampah Jakarta`. Sejumlah relawan berkeliling Bundaran Hotel Indonesia di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, mengumpulkan sumbangan untuk membeli truk sampah. Koin yang terkumpul akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Guyuran hujan tak menghentikan langkah para relawan. Mereka berencana mendirikan sejumlah posko untuk memudahkan penggalangan dana. Target mereka, bisa menyumbangkan 5 truk sampah untuk Ibukota. (Ans/Ein)

Baca juga:

Warga Jakarta Kumpulkan Koin untuk Belikan Jokowi Truk Sampah
Pembelian 200 Truk Sampah, Ahok: Kadis Kebersihan DKI Bohong
Jokowi Bakal Terus Ajukan Anggaran 200 Truk Sampah ke DPRD

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.