Sukses

Komitmen Bangun Ekonomi Umat, PAN Sebut Erick Thohir Wujudkan Cita-Cita HOS Tjokroaminoto

Komitmennya dalam membangun ekonomi umat membuat Erick Thohir dianggap sebagai figur yang mampu merealisasikan cita-cita tokoh bangsa, HOS Tjokroaminoto.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauludi memuji kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam membangun perekonomian umat. Erick dinilai sebagai tokoh muda yang mewarisi semangat juang tokoh bangsa HOS Tjokroaminoto.

"Erick Thohir adalah anak muda yang dapat merealisasikan cita-cita HOS Tjokroaminoto untuk membuat jalan perekonomian umat,” kata Viva dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Sabtu (21/1/2023).

Penilaian Viva merujuk pada sejumlah kebijakan yang diluncurkan Erick selama memimpin Kementerian BUMN. Salah satunya kebijakan bantuan pendanaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kebijakan itu dianggap membawa dampak positif besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Lewat program pendanaan, Erick menyalurkan bantuan hingga Rp250 juta bagi pelaku UMKM. Program pendanaan UMKM ini diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022 tanggal 8 September 2022.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga membuka peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan para santri melalui beragam program, mulai dari Santripreneur, Pesantrenpreneur, Santri Makmur, Santri Magang di BUMN, hingga Pertashop khusus Pesantren.

 

Karena sejumlah inovasi dan terobosannya ini, Viva berpandangan bahwa Erick Thohir merupakan figur yang berkomitmen tinggi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Erick Thohir bahkan disebut mampu mewujudkan jalan pemikiran HOS Tjokroaminoto.

Langkah konkret tersebut terlihat pada strategi kebijakan Erick Thohir dalam memperjuangkan sistem perekonomian Islam masuk dan melebur ke dalam struktur perekonomian nasional melalui jalur hukum nasional.

“Misalnya terbentuknya Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan mendirikan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," ucap politikus senior PAN ini menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinyal Dukungan PAN untuk Erick Thohir Makin Kuat

Sebelumnya diberitakan, sinyal Menteri BUMN Erick Thohir mendapat dukungan maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN) semakin terang.

Hal ini terlihat dari kedekatan Erick Thohir dan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam berbagai agenda. Zulhas bahkan kerap melempar kode keras dukungan kepada Erick di hadapan kader PAN.

Terbaru, sinyal itu diperlihatkan saat Erick Thohir ikut bersama Zulhas menghadiri sejumlah agenda PAN di Sumatera Utara (Sumut). Zulhas menyampaikan sinyal akan mendukung Erick maju sebagai Capres atau Cawapres di Pilpres 2024 mendatang.  

Erick Thohir pun diajak menemui kader PAN di Kabupaten Binjai dan Kabupaten Langkat. Dua daerah tersebut dipimpin kader PAN, Syah Afandin atau Ondim. Erick dan Zulhas juga terlihat hadir dalam acara temu kader dan simpatisan PAN se-Sumut.

"Dua menteri hari ini datang ke Sumatera Utara, Insyaallah nanti 2024 datang lagi kemari (sebagai) Presiden atau Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Zulkifli Hasan di Sumut, Selasa (17/1/2023).

Zulhas bahkan menanyakan dengan persuasif kepada para kader apakah Erick Thohir sosok yang tepat didukung PAN di Pilpres mendatang. Pertanyaan itu pun disambut positif kader yang hadir.

"Cocok enggak kalau Pak Erick jadi calon kita?" tanya Zulhas.

Momentum Zulhas kenalkan Erick Thohir ke kader PAN Sumut ini memberikan kabar segar bagi para pendukungnya. Apalagi Erick Thohir dinilai punya amunisi yang lengkap untuk maju cawapres.

“Pak Erick Thohir cawapres itu potensial. Pak Erick Thohir itu bisa. Selain integritas Pak Erick Thohir punya logistik yang cukup kuat,” ucap Pengamat Politik Igor Nainggolan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.