Sukses

[VIDEO] Nekatnya Penambang Pasir di Jalur Lahar Dingin Kelud

Pasca-letusan Gunung Kelud, para penambang pasir dan bebatuan di Dam Bladak, Blitar, Jawa Timur, kembali beraktivitas.

Pasca-letusan Gunung Kelud, para penambang pasir dan bebatuan di Dam Bladak, Blitar, Jawa Timur, kembali beraktivitas. Padahal Dam Bladak merupakan jalur aliran lahar dingin Gunung Kelud yang saat ini harus diwaspadai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (17/2/2014), sejumlah penambang pasir sibuk memasukkan pasir dan batu ke truk di areal Dam Bladak. Meski berada di daerah berbahaya 7 kilometer dari puncak Gunung Kelud, para penambang pasir tetap nekat karena mereka sudah 4 hari tidak bekerja.

Padahal di lokasi mereka menambang pasir tersebut merupakan jalur aliran lahar dingin yang bisa turun dari Puncak Kelud sewaktu-waktu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan turun di kawasan Gunung Kelud, beberapa hari ini. Hujan yang turun bisa menyebabkan banjir lahar dingin dari Puncak Kelud. Lahar dingin berpotensi mengalir melalui sungai-sungai yang mengalir di sekitar Gunung Kelud.

Meski diperkirakan material yang masih berada di Puncak Gunung Kelud tak sebanyak sisa material Gunung Merapi, namun warga diimbau waspada dan tetap tidak memasuki kawasan di radius 10 kilometer dari Kawah Kelud. (Dan/Sss)

Baca juga:

Diprediksi Hujan Lebat, Warga Dihimbau Waspadai Lahar Dingin
[VIDEO] BMKG: Hujan Akan Guyur Kelud, Waspada Lahar Dingin!
Pengungsi Kelud di Sumber Pancor, Kepong Masih Butuh Bantuan
[VIDEO] Warga Desa Terdekat Kelud Harapkan Bantuan Pemerintah
SBY Akhirnya Bertemu Pengungsi Kelud