Sukses

[VIDEO] Penggerebekan Panti Asuhan Samuel di Gading Serpong

Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengevakuasi balita yang diduga korban penyekapan Panti Asuhan Samuel di Tangerang, Banten.

Dugaan penyekapan dan penyiksaan oleh Panti Asuhan Samuel diperkirakan sudah berlangsung lama. Siang tadi, Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait mendatangi dan memastikan kondisi kelayakan rumah itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (24/2/2014), ditemukan 2 balita menderita panas tinggi dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Belasan balita lainya dibawa masuk ke dalam mobil untuk pengecekan kesehatan.

Arist mengatakan, balita yang diduga disekap di panti asuhan ini akan dibawa ke Komnas Perlindungan Anak dan dititipkan ke panti asuhan, yang aman sampai proses hukum ini selesai.

"Masih ada anak-anak usia sekolah kelas PAUD, SD dan SMP berjumlah sekitar 20 anak, biasanya mereka ada di sini. Kita (KPAI) juga sudah saksikan bahwa mereka tidurnya seperti itu dan dalam kondisi yang tidak baik," kata Arist.

Pengakuan Samuel, panti asuhan ini sudah berdiri 14 tahun lalu namun baru pindah ke perumahan elite Gading Serpong, Tangerang, Banten beberapa bulan lalu.

Mayoritas anak asuh yang tinggal merupakan anak yang dibuang oleh orang tuanya karena hamil di luar nikah atau dititipkan untuk dirawat sebagai mana mestinya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, rumah yang dijadikan Panti Asuhan Samuel ini tidak memiliki lubang ventilasi untuk udara dan tertutup kaca serta tidak memiliki arena bermain bagi anak-anak. (Nfs/Ism)

Baca juga:

Donatur: Anak Panti Asuhan Samuel Alami Pelecehan Seksual
Dugaan Penyiksaan, 7 Anak Panti Asuhan Samuel Divisum
Komnas PA Amankan 12 Anak dari Panti Asuhan Samuel Serpong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.