Sukses

Sambungan Telepon Siap Dipasang di Tanjung Jabung

Setelah berinisiatif membangun jaringan telepon, dua tahun silam, kini siap dipasang sebanyak 608 sambungan telepon di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pengelolaan diserahkan ke Telkom untuk akses lebih luas.

Liputan6.com, Tanjung Jabung Timur: Sejak terbentuk empat tahun silam, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, nyaris terisolasi karena tak memiliki jaringan komunikasi telepon. Akibatnya, wilayah yang berada di kawasan Pantai Timur Jambi itu sulit mendapat akses ke daerah lain. Dua tahun lampau, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur berinisiatif membangun sarana telepon di wilayahnya. Hingga awal Agustus ini, sebanyak 608 satuan sambungan dengan total dana yang dihabiskan mencapai Rp 6,5 miliar telah siap dipasang.

Setelah peralatan terpasang, pengelolaan diserahkan ke Telkom Sumatra Bagian Selatan untuk mendapatkan akses dengan jaringan telepon daerah lain. Kepala Kantor daerah Pelayanan
Telekomunikasi Sumatera Bagian Selatan Bambang Triwiyono, pihaknya kini tengah melakukan uji fungsi. Rencananya, akhir bulan ini, semua saluran bisa terpasang.

Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mendapat akses sambungan langsung jarak jauh dengan nomor kode area 0740. Sebelumnya, di wilayah ini lebih 1.000 sambungan telepon dipasang pihak swasta dengan jaringan tanpa kabel. Namun, dalam beberapa bulan terakhir sambungan nirkabel itu tidak bisa mengakses ke luar daerah.(ZAQ/Suhatman Pisang dan Indra Mairoli)