Sukses

Presiden Memimpin Upacara HUT TNI

Tema HUT ke-59 TNI kali ini sesuai dengan pengesahan UU TNI yang sekaligus perpisahan alat negara itu pada lembaga legislatif. Kursi Presiden Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono terpisah 30 meter.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri menjadi inspektur upacara dalam peringatan hari jadi ke-59 TNI yang digelar di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, Selasa (5/10). Perayaan hari ulang tahun TNI kali ini mengangkat tema Sebagai Alat Pertahanan Negara TNI Siap Meningkatkan Profesionalisme Keprajuritan. Sebab, memasuki usia TNI ke-59, DPR mengesahkan Undang-undang TNI yang antara lain mengatur bahwa TNI bertugas sebagai alat pertahanan negara dan sekaligus selamat tinggal pada jatah kursi TNI di lembaga legislatif.

Acara ini dihadiri Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Ryamizard Ryacudu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Bernard Kent Sondakh, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Chappy Hakim. Wakil Presiden Hamzah Haz, suami Presiden Megawati, Taufik Kiemas, serta calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengikuti upacara militer ini. Namun, jarak kursi Presiden Mega dan SBY yang oleh Komisi Pemilihan Umum dinyatakan memenangkan pemilihan presiden putaran kedua berjarak sekitar 30 meter.

Selesai memeriksa pasukan, Megawati menyaksikan demonstrasi udara dan defile pasukan. Pesawat yang beratraksi antara lain heli serbu Bell 214, heli serang BO 105, dan heli serang Mi-35 milik TNI AD.

Empat pesawat Casa NC-212 Skuadron Udara 600 TNI AL dan sepuluh pesawat tempur Hawk 100/200 milik TNI AL juga bermanuver di udara. Tak ketinggalan atraksi pesawat Sukhoi, F-5 Tiger, F-16 Fighting Falcon. Acara ditutup dengan parade yang diikuti 4.800 personel TNI dari ketiga angkatan.(TNA/Miko Toro)
    Video Terkini