Sukses

Seskoad Meluncurkan Buku <i>Indonesia Terjebak Perang Modern</i>

Buku yang dikaji sejumlah pakar dan akademisi ini dikeluarkan TNI Angkatan Darat untuk mengingatkan masyarakat akan ancaman perang modern yang melibatkan aspek lain, seperti ekonomi dan teknologi informasi.

Liputan6.com, Jakarta: Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) meluncurkan buku berjudul Bangsa Indonesia Terjebak Perang Modern di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (20/12). Buku yang disusun sejak 2003 ini mengkaji perang modern sebagai ancaman nasional. Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu mengingatkan, Indonesia perlu mendefinisikan ancaman nasional, termasuk perang modern yang tak hanya melibatkan militer. Tapi, juga aspek lain seperti ekonomi serta informasi dan teknologi (IT).

Peluncuran buku yang penyusunannya melibatkan pakar dan akademisi ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan Komandan Seskoad Syarifudin Tippe yang juga ketua tim penyusun buku. Sebelumnya, Syarifudin pernah menjabat Komandan Resor Militer Teuku Umar Nanggroe Aceh Darussalam sebelum ditarik ke Markas Besar TNI.(TNA/Zulkarnain dan Jhonny Akbar)