Sukses

Pemerintah Diminta Segera Putuskan Kenaikan BBM

Desakan agar pemerintah segera memutuskan kenaikan bahan bakar minyak datang dari kalangan indusri. Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintah menaikkan harga BBM tidak lebih dari 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta: Kalangan dunia usaha meminta pemerintah segera mengumumkan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan harga BBM mau tidak mau berdampak pada kenaikan harga produk industri. Pernyataan itu dikemukakan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia M.S. Hidayat di Jakarta, Selasa (15/2) [baca: Simpang Siur Kenaikan Harga BBM].

Menurut Hidayat, setelah ada keputusan kenaikan BBM, kalangan usaha akan menghitung perubahan biaya produksi. Kendati begitu, dari perhitungan kasar, kalangan usaha berharap kenaikan harga BBM tidak lebih dari 20 persen.

Sementara itu Ketua Komisi XI DPR Paskah Suzetta menilai, kenaikan BBM paling tepat dilakukan antara Maret dan April. Paskah meminta, pemerintah tidak menghapus semua subsidi. Untuk kalangan tidak mampu subsidi harus tetap dipertahankan. Paskah juga meminta kenaikan harga BBM dilakukan secara bertahap.(YYT/Sella Wangkar dan Taufik Hidayat)