Sukses

Sukses Berbisnis Alat Peraga TK

CV Hanimo dirintis pasangan suami istri Siti Aisah Farida dan Yudiono, 15 tahun silam. Kini, mereka telah menghasilkan sekitar 300 produk alat peraga pendidikan TK. Jabotabek sudah dipegang mereka.

Liputan6.com, Depok: Jeli melihat peluang adalah kunci sukses dalam berwirausaha. Pasangan suami istri, Siti Aisah Farida dan Yudiono, pun begitu. Mereka memilih memproduksi alat peraga pendidikan untuk taman kanak-kanak (TK). Mereka tak salah pilih. Terbukti, hingga 15 tahun berjalan, wirausaha pasangan ini di Depok, Jawa Barat, tetap lancar. Pesaing pun minim.

Ida--sapaan Siti Aisah Farida--adalah sarjana jurusan manajemen lulusan salah satu universitas di Yogyakarta. Pada 1987, Ida pindah ke Jakarta dan bekerja di Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Namun, wanita yang mewarisi jiwa bisnis dari sang nenek yang pengusaha batik itu hanya tiga tahun bekerja di sana. "Barhubung darah saya, darah dagang, jadi saya merasa lebih enak untuk dagang," kata wanita yang orang tuanya guru TK ini.

Pada awalnya, Ida mengaku membawa mainan dari Yogyakarta. Bersama suami, Ida merintis sendiri usaha alat peraga pendidikan TK pada 1990. Modal awalnya berasal dari pinjaman seseorang dan tantenya sebesar Rp 200 ribu. Uang tersebut digunakan untuk membuat 20 set meja dan kursi yang sekaligus menjadi produk pertama CV Hanimo.

Kini, mereka telah menghasilkan sekitar 300 jenis alat peraga TK. Produk yang mereka tawarkan dimulai dari alat permainan di dalam kelas dan di luar kelas, alat permainan edukatif, serta perlengkapan kelas dan sekolah. Barang-barang itu dijual dengan harga berkisar Rp 500 per item alat peraga hingga dan Rp 18 juta untuk ayunan.

Workshop sekaligus showroom Ida dan Yudiono berada di Sawangan, Depok, Jabar. Di tempat itu, mereka dibantu 40 karyawan. Agar tidak sepi pelanggan, Ida bekerja sama dengan pengurus pusat TK seluruh Indonesia. "Kalau langganan insya Allah Jabotabek sudah 90 persen sudah beli ke saya," tutur perempuan berjilbab ini.

Banjir pesanan dikarenakan mereka berusaha menghasilkan produk yang rapi dan tepat waktu. "Kami sudah berlangganan dari 1998 dengan Ibu Ida. Di sini lengkap, cukup untuk kebutuhan anak-anak di TK sini. Semuanya terpenuhi," ungkap Ernawati, guru TK Nurul Iman yang menjadi pelanggan produk Ida dan Yudiono.

Saat ini kendala yang dihadapi Ida dan Yudiono adalah modal karena pelanggan pada umumnya memesan lewat telepon atau faksimili tanpa memberi uang muka. Kendati demikian, mereka tetap optimistis dalam menjalankan usaha.(DNP/Tim Usaha Anda)

CV HANIMO
Siti Aisah Farida dan Yudiono
Jalan Raya Muchtar, Tugu Sawangan Rukun Tetangga 01/07 Nomor 33
Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan-Kota Depok, Jawa Barat 16511
Telepon: (021) 923-6873, (0251) 612-724
    Video Terkini