Sukses

Begini Cara Sukses Membujuk Seseorang

Berikut cara untuk menjadi lebih baik saat membujuk orang lain

Liputan6.com, Jakarta Bisa membuat pasangan melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga atau membuat kolegamendukung ide terbaru, terletak pada kemampuan kita membujuk atau bahkan memanipulasi orang lain.

Jadi, adakah trik cerdas untuk membuat orang melakukan apa yang kita inginkan, tanpa terkesan menindas mereka?

Ini memang hal rumit, tetapi sekitar 30 tahun penelitian psikologis menunjukkan mungkin ada beberapa metode yang patut dicoba. Berikut tipsnya melansir laman lifehacker, Minggu (26/4/2020).

Gunakan tubuh seseorang untuk melawannya

Ingin berkencan? Mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mengajak menonton film horor. "Misattribution of arousal" adalah teori populer dalam psikologi sosial yang menyarankan orang terkadang salah memberi label perasaan dari tubuh mereka.

Misalnya, Anda mengalami peningkatan detak jantung saat cemas, tetapi juga saat bersemangat. Karena itu, para psikolog telah bereksperimen tentang apakah mungkin untuk menggunakan ide ini untuk memanipulasi individu agar berpikir bahwa mereka sedang mengalami emosi tertentu, seperti percaya bahwa mereka tertarik ketika mereka benar-benar takut.

Dalam satu penelitian semacam itu, seorang "pewawancara wanita yang menarik" meminta orang yang lewat untuk mengisi kuesioner sambil berdiri di jembatan gantung reyot yang tergantung tinggi di atas ngarai.

Dia juga meminta sekelompok pria lain untuk mengisi kuesioner di atas jembatan yang kokoh dan menggantung rendah (yang tidak mungkin membangkitkan rasa takut).

Dia mengatakan bahwa mereka bisa memanggilnya setelah itu jika menginginkan lebih banyak detail pada penelitian ini. Yang mengherankan, jauh lebih banyak pria menelepon pewawancara jika mereka bertemu dengannya di jembatan yang memicu ketakutan.

Studi serupa telah menemukan bahwa pria juga menilai wanita lebih menarik jika mereka mendapat suntikan adrenalin (mereka diberi tahu vitamin), terkejut, melakukan olahraga atau mendengarkan cerita yang direkam yang dirancang untuk menyebabkan syok. Sebagian besar studi ini mengamati reaksi pria terhadap wanita, tetapi efeknya tampaknya juga berlaku untuk wanita.

Ini pertama kali berpikir bahwa ini terjadi karena peserta mengalami gairah dari sumber yang tidak jelas, dan melihat situasi mereka untuk memberikan konteks. Ulasan kemudian menyarankan bahwa, walaupun mungkin pada kenyataannya  tidak mungkin untuk menanamkan emosi melalui saran, adalah mungkin untuk mengintensifkan perasaan yang sudah ada sebelumnya dengan cara ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suatu paksaan untuk dapat timbal balik

Ini memang agak kontra-intuitif, jika Anda ingin mendapatkan sesuatu dari seseorang, maka harus memberi mereka sesuatu.

“Norma timbal balik” menggambarkan bagaimana orang merasa berutang budi kepada seseorang yang telah memberikan hadiah atau bantuan kepada mereka sampai mereka membayar kembali dengan cara yang sama.

Amal telah menggunakan prinsip ini untuk meningkatkan donasi selama beberapa dekade dengan  memberikan hadiah tanpa syarat sebelum donasi (bahkan penjepit kertas yang sederhana) dapat meningkatkan jumlah yang diberikan hingga 75 persen, karena secara tidak sadar mewajibkan individu untuk memberikan kembali.

Namun, seseorang harus berhati-hati dalam menggunakan strategi ini. Memberikan insentif eksternal, seperti hadiah ketika mencoba mendapatkan sesuatu, sebenarnya dapat mengurangi pemberian dalam situasi tertentu,  khususnya yang berkaitan dengan pemberian amal.

Hal ini karena mendapatkan hadiah dapat merusak motivasi altruistik intrinsik untuk memberi  atau bisa dibilang membuatnya lebih seperti mendapatkan bayaran untuk amal.

Atau, karena itu menghilangkan motivator kuat lainnya untuk memberi dengan tterlihat murah hati di mata orang lain atau mengambil hadiah bisa membuat Anda terlihat kurang tulus. 

Gunakan trik bahasa

Cara lain untuk memperdaya seseorang melibatkan memilih kata-kata  untuk membantu memaksimalkan peluang dengan cara yang sangat halus.

Misalnya, dalam sebuah argumen, pilihan kata ganti  secara mengejutkan dapat memengaruhi reaksi orang terhadap apa yang Anda katakan.

Menggunakan pernyataan yang dimulai dengan "Anda", contonya "Anda seharusnya sudah menyelesaikan laporan itu" akan membangkitkan lebih banyak permusuhan di penerima dibandingkan dengan pernyataan yang dimulai dengan "Saya", seperti "Saya stres karena laporan itu tidak dilakukan". Ini karena menghapus "Anda" yang berarti menghapus elemen menuduh.

Trik linguistik lain adalah menggunakan kata benda daripada kata kerja ketika mendiskusikan hasil yang diinginkan terjadi.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang ditanya "seberapa pentingkah Anda menjadi pemilih dalam pemilihan besok?" versus "seberapa pentingkah bagi Anda untuk memilih dalam pemilihan besok?"

Ketika orang ditanya tentang "menjadi pemilih", ini membanggakan identitas diri mereka sebagai orang yang memilih. Orang-orang yang ditanya tentang menjadi "pemilih" 11% lebih mungkin untuk memilih dalam pemilihan negara bagian hari berikutnya, dibandingkan dengan mereka yang ditanya tentang "pemilihan".

Ada juga berbagai trik bahasa dan tubuh lainnya yang dapat diterapkan yang terbukti meningkatkan minat atau kepercayaan orang pada Anda, seperti meniru postur tubuh orang secara halus, menatap mata orang lebih sering dan menyebut nama mereka lebih sering.

3 dari 3 halaman

Gunakan hadiah dan hukuman berbeda-beda

Apakah orang yang dikasihi perlu "membentuk perilaku"? Kita semua tahu bahwa Anda dapat meningkatkan kemungkinan seseorang akan melakukan sesuatu dengan menghargainya dan menguranginya melalui hukuman.

Tapi, psikologi pengkondisian operan menunjukkan bahwa untuk manipulasi yang berkepanjangan, lebih baik tidak memberi hadiah atau menghukum setiap contoh perilaku.

Jadi, jika  ingin seseorang terus melakukan sesuatu atau berhenti melakukan sesuatu, Anda dapat dengan mudah mengubah jadwal dengan mana  membagikan hadiah atau hukuman untuk memaksimalkan kepatuhan mereka.

Jadwal penguatan variabel seperti ini bekerja dengan prinsip "akan mereka, tidak akan mereka" yang menyeramkan - di mana ketidakpastian membuat orang belajar lebih cepat dan mempertahankan perilaku lebih lama setelah hadiah atau hukuman dihapus.

Dengan cara yang sama, tidak mengetahui berapa banyak lagi permainan yang Anda butuhkan sebelum menang adalah bagian dari apa yang membuat perjudian dan lotere begitu membuat ketagihan.

Minta sesuatu yang tidak Anda inginkan

Sejumlah besar penelitian populer menunjukkan bahwa jika mencoba untuk mendapatkan sesuatu, dapat membantu kasus dengan meminta sesuatu yang tidak diinginkan.

Metode ini mengacu pada fakta bahwa sekali seseorang menyetujui permintaan yang sangat kecil, mereka lebih cenderung menyetujui permintaan lain yang jauh lebih besar, jauh lebih penting daripada jika hanya diajukan dengan permintaan besar.

Pertama-tama disarankan bahwa ini harus terjadi karena orang menggunakan perilaku mereka sendiri sebagai isyarat untuk sikap internal mereka. Karena mereka tidak ditekan secara eksternal untuk menyetujui, orang yang secara tidak sadar menyatakan persetujuan mereka disebabkan oleh sikap positif terhadap penanya atau masalah tersebut.

Efeknya tampaknya berlaku bahkan ketika permintaan kedua adalah tipe yang sama sekali berbeda, atau ketika dibuat oleh orang yang berbeda.

Di sisi lain, jika Anda meminta sesuatu yang sangat besar yang tidak akan pernah disetujui oleh seseorang, Anda sebenarnya meningkatkan peluang untuk menyetujui permintaan yang lebih kecil kedua.

Ini juga bisa menjadi bentuk efek timbal balik orang yang diminta dipaksa untuk berkompromi, sebagai respons terhadap penanya yang membuat konsesi.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.