Sukses

Ingin Bepergian Melalui Jalur Darat, Ikuti Tips Aman Ini

berpergian pada era new normal tentunya banyak keperluan yang harus disiapkan. bingung apa saja yang diperlukan? yuk disimak

Liputan6.com, Jakarta Usai berbulan-bulan di rumah saja tentunya muncul rasa jenuh, bosan dan muncul rasa ingin berpergian untuk melihat dunia luar lagi seperti dahulu kala.

Di era new normal ini, jika Anda memiliki rencana untuk berlibur maka berpergian dengan mobil adalah pilihan yang tepat dan lebih aman. Walaupun lebih aman, tetapi tetap harus berhati-hati untuk berpergian.

Dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada tentunya sekarang Anda sudah bisa berpergian melalui jalur darat.

Bagi Anda yang sudah berbulan-bulan di rumah dan akan melakukan perjalanan darat untuk pertama kalinya dan bingung apa saja yang perlu diperhatikan.

Mengutip dari CNBC, Jumat (28/8/2020) berikut hal-hal khusus yang harus Anda perhatikan, jangan sampai kelupaan ya:

1. Kemas peralatan yang ingin dibawa

Ini adalah peralatan yang harus disimpan di mobil sehingga dapat Anda gunakan pada saat berhenti dan keluar ke tempat umum:

· Menggunakan masker saat akan keluar ataupun di dalam mobil

· Menyiapkan hand sanitizer

· Tissue basah dan tissue kering

· Sarung tangan sekali pakai

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal lain yang perlu diperhatikan

2. Cari tahu informasi tempat tujuan 

Kunjungi situs website departemen kesehatan setempat untuk melihat berapa banyak yang terinfeksi Covid-19 selain itu lihat juga persyaratan yang dibutuhkan.

3. Berhati-hatilah di kamar mandi

Perbedaan utama sekarang Anda harus memakai masker saat berada di luar ruangan dan menjaga jarak fisik dari orang lain saat mengantre di toilet.

Jangan menyentuh benda apapun saat berada di dalam toilet, jika Anda menyentuhnya jangan lupa untuk mencuci tangan.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Di pom bensin

Saat ingin mengisi bensin, lebih baik untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai. Tujuannya adalah untuk memiliki pembatas antara tangan Anda dengan pompa bensin. Setelah selesai isi bensin jangan lupa untuk mencuci tangan agar tetap bersih.

5. Bawa snack atau cemilan sendiri

Saat ingin melakukan perjalanan darat jangan lupa untuk membawa snack dibanding harus berhenti membeli makanan.

Tetapi jika Anda tidak ingin repot membawa makanan, melakukan drive thru adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kontak bertemu dengan orang yang banyak.

6. Turunkan jendela

Mendapatkan aliran udara ke seluruh mobil adalah ide bagus. Jika Anda menurunkan jendela, dapat mengurangi waktu partikel virus berada di udara.

7. Telepon terlebih dahulu ke hotel atau tempat penginapan

Cari tahulah apakah hotel Anda mengikuti protokol keselamatan dan melakukan disinfektan sebelum kedatangan Anda. Pada saat di hotel hindarilah waktu untuk berkumpul di meja makan, kolam renang, gym atau tempat lainnya.

8. Berpergian hanya dengan keluarga

Pikirlah berkali-kali jika Anda ingin berpergian dengan teman karena akan meningkatkan peluang tertularnya Covid-19.

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini