Sukses

Ini Dia Tips Makeup buat Kulit Wajah Kering

Sebanyak apa pun pelembab yang digunakan, itu tidak akan berpengaruh.

Liputan6.com, Jakarta Riasan wajah memang bisa mengubah penampilan menjadi lebih menarik. Namun jangan salah, dia juga bisa pula menjadi malapetaka. Terlebih bagi seseorang yang memiliki kulit kering.

Sementara itu, bagi seseorang yang tinggal di daerah dingin atau sedang mengalami musim dingin, untuk mendapatkan kulit halus akan terasa lebih sulit. Apalagi jika kulitnya cenderung mudah mengelupas.

Sebanyak apa pun pelembab yang digunakan, itu tidak akan berpengaruh. Karena itu, beberapa ahli tata rias memberikan tips-tipsnya bagaimana teknik merias wajah bagi pemilik kulit kering.

Dilansir dari InStyle, Rabu (17/11/2021), ini dia tips-tipsnya.

1. Gunakan produk perawatan kulit

Sebelum merias wajah, tentu Anda perlu mempersiapkan kondisi wajah terlebih dahulu, seperti memakai skin care.

"Ada tingkatan untuk menyempurnakan aplikasi riasan apa pun," kata penata rias profesional Dominique Lerma.

Lebih lanjut Lerma mengatakan, “Jika Anda adalah seseorang yang menderita daerah kering selama bulan-bulan musim dingin yang keras, panggilan pertama Anda untuk memesan harus memperkuat rutinitas perawatan kulit yang membuat Anda siap untuk aplikasi riasan yang sukses."

Akan tetapi, apabila Anda belum melakukannya, mulailah dengan memakai skin care, seperti serum, pelembab, dan face mist. Produk-produk seperti itu sebetulnya pun penting masuk ke dalam rutinitas perawatan wajah Anda sehari-hari.

Sementara itu, produk perawatan tersebut juga dianggap sebagai bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit. Bahan itu seperti asam hialuronat atau gliserin.

“Saya suka menggunakan serum dan minyak kering pada kulit sebelum pelembab untuk membantu merevitalisasi kulit dan mempersiapkannya untuk aplikasi riasan,” ungkap penata rias selebriti Billie Gene.

Gene menambahkan, “Saya juga cenderung menyemprot wajah dengan bahan yang menyegarkan sebelum pelembab untuk menambah kelembapan dan melembutkan kulit untuk penyerapan yang lebih baik."

2. Eksfoliasi

Selain menambahkan produk perawatan kulit yang melembapkan ke dalam rutinitas Anda, eksfoliasi pun merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit yang mengelupas.

Di samping itu, eksfoliasi bahkan membantu meningkatkan penyerapan produk yang mungkin tidak terjadi sebab sel kulit mati menghalangi penetrasi.

"Orang sering berpikir bahwa mereka tidak boleh melakukan eksfoliasi jika kulit mereka kering, tetapi sebaliknya, memilih exfoliator yang lembut akan membantu mempersiapkan kulit Anda untuk menindaklanjuti rejimen perawatan kulit Anda dan kemudian merias wajah Anda," tutur Lerma.

Sebagai informasi, kunci eksfoliasi untuk kulit kering lebih baik dengan exfoliant kimia yang lembut dibanding exfoliant fisik yang keras, seperti scrub.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan produk riasan yang lebih ringan

Alih-alih melapisi alas bedak dengan harapan dapat menutupi semua bagian yang kering, gunakanlah produk yang lebih ringan. Itu misalnya pelembab berwarna, BB krim, atau CC krim, kata Lerma.

Untuk tambahan sekaligus merapikan area tertentu, seperti bagian alis atau menutupi noda hitam pada wajah, gunakanlah concealer untuk mengatasinya.

“Anda dapat menutupi bagian yang kering dengan concealer yang menghidrasi setelah kulit disiapkan dengan perawatan kulit yang tepat. Pastikan untuk menemukan perawatan dan jangan menggosok concealer,” jelas Gene.

4. Tepuk-tepuk, Jangan Digosok

Gene mengatakan, teknik yang digunakan untuk merias wajah pun berpengaruh terhadap pemilik kulit kering. Teknik tersebut bisa menjadi penentu apakah bisa membantu atau justru memperburuk tampilan wajah yang kering.

“Saat mengaplikasikan foundation pada kulit yang kering atau terkelupas, pastikan mengaplikasikannya secara satu arah saat menggunakan kuas atau dengan teknik menekan dengan spons riasan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, “Jangan terlalu sering menggosokkan kuas di sekitar wajah (ke arah yang berbeda) karena bisa menyebabkan gesekan pada kulit, yang bisa membuat kulit semakin mengelupas."

5. Bijak Gunakan Bedak

Meski memiliki kulit kering, bukan berarti Anda tidak memakai bedak. Hal ini juga berlaku bagi setiap pemilik kulit jenis apa pun, termasuk pemilik kulit kombinasi-kering.

Terlebih bagi Anda yang menyukai hasil akhir terlihat matte, Anda bisa menggunakan bedak. Namun, Anda harus strategis dalam mengaplikasikannya.

"Pastikan untuk mengoleskan bedak hanya di tempat yang membutuhkan cakupan atau pengaturan tambahan," saran Gene.

Di samping itu, menurut Lerma, pastikan Anda memilih bedak yang digiling halus dan yang tidak full coverage. Menurutnya produk yang seperti itu justru bisa membuat kulit terlihat lebih kering.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Hindari Produk yang Katanya Bisa Buat Glowing

Menurut penata rias profesional global Cassandra Garcia, saat mencari produk riasan yang menghidrasi, Anda harus tetap berhati-hati dengan produk yang katanya bisa membuat wajah terlihat glowing atau bercahaya.

"Yang harus diperhatikan dari formula glowy adalah memastikan tidak ada tekstur dengan partikel glow," katanya.Sebaiknya, carilah bahan yang membuat tetap sederhana dan mampu meningkatkan hidrasi untuk memberikan cahaya yang tampak alami.

"Jika Anda mau, pilih untuk menambahkan cahaya atau kilau di tempat lain dengan bedak atau krim highlighting sehingga tidak ada tekstur yang ditambahkan," katanya.

7. Gunakan Produk Pengunci Riasan

Tips terakhir untuk membuat riasan Anda bertahan lama sekaligus menghindari bagian yang adalah dengan menggunakan menjaga face mist.

"Tips terbaik untuk menjaga riasan Anda tetap halus sepanjang hari selama musim dingin adalah menggunakan semprotan yang menyegarkan untuk membantu mengatur riasan," kata Gene.

Semprotan pengunci riasan itu dapat digunakan terus menerus sepanjang hari tanpa mengganggu riasan. Bahkan produk terserbut akan menjaga penampilan Anda tetap terjaga sepanjang hari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.