Sukses

Ketahui Apa Saja Manfaat Folat

Sederhananya, semakin sering Anda mengonsumsi sayuran hijau segar, semakin besar kemungkinan Anda menjadi lebih bahagia dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin tidak menyukai sayuran hijau. Padahal sayuran merupakan sumber folat yang sangat baik.

Sayuran yang mengandung folat tersebut, “Yang membuat neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin, yang membantu dan meningkatkan mood Anda”, ujar Uma Naidoo, seperti dilansir dari The Indian Express, Kamis (16/11/2021).

Sederhananya, sering kali Anda mengonsumsi sayuran hijau segar, semakin besar kemungkinan Anda menjadi lebih bahagia dan memiliki suasana hati yang lebih baik.

“Salah satu nutrisi terpenting adalah Folat (vitamin B9). Folat adalah nutrisi penting (artinya hanya dapat diterima dari makanan) dan kekurangan folat terkait dengan depresi, memori, kelelahan kronis, bipolar, skizofrenia, dan banyak lagi,” tambah ahli.

Sementara itu, seseorang yang kekurangan folat dapat berdampak negatif pada tubuhnya. Misalnya, sel-sel otak, terutama di hipokampus.

“Hippocampus adalah struktur otak kritis yang terlibat dalam pembelajaran dan memori, sehingga atrofinya memainkan peran besar dalam kesehatan mental”, katanya.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa depresi adalah gejala yang paling umum terjadi pada pasien yang kekurangan folat.Dia mengatakan, “Semakin tinggi tingkat folat, semakin rendah tingkat depresi.”

Seiring dengan hal tersebut, para ahli akhirnya memberikan beberapa contoh sumber sayuran hijau yang baik dikonsumsi serta kaya akan folat atau vitamin B9. Sayuran tersebut antara lain.

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sangat mudah ditemukan. Karena kaya akan folat, Anda dapat mengonsumsi sayuran ini. Bisa dimasak sebagia sayur, salad, atau tumis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kacang

Selain bayam, kacang juga kaya akan folat. Bahkan kacang mengandung serat dan nutrisi lainnya yang menyehatkan.

3. Kacang hijau

Sayuran satu ini berbentuk panjang dan biasa dimasak dengan cara ditumis. Anda juga perlu mengonsumsi ini karena kacang panjang kaya akan vitamin B9 atau folat. Selain ditumis, Anda juga dapat memasaknya dalam berbagai cara.

Naidoo menambahkan, “Ditemukan pula di sayuran seperti kangkung, lobak swiss, dan bayam, tetapi Anda juga dapat menemukan makanan seperti asparagus, kacang-kacangan, bit, dan biji-bijian.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.