Sukses

Cicipi Yuk, 8 Masakan India yang Enak Ini

Berikut 8 masakan India yang enak dan bergizi untuk dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Masakan India memiliki cita rasa khas dan lezat. Masakan India biasanya kaya akan rempah dengan rasa yang kuat. Dari ayam mentega hingga rogan josh dan biryani, ada banyak hidangan india bumbu yang lezat membuat selera seseorang.

Bahan dan gaya memasak dalam masakan India bervariasi berdasarkan wilayah, musim, agama, dan tradisi keluarga.

Anda dapat menemukan semuanya, mula dari kari daging hingga hidangan vegetarian, serta berbagai macam bumbu dan bahan yang memberikan cita rasa yang berbeda pada setiap hidangan.

Hidangan yang dihasilkan terkenal karena rasa pedas dan aroma yang kompleks. Namun, masakannya bukan hanya tentang rasa, melainkan hindangan di seluruh benua India dikemas dengan nutrisi, yang berarti juga merupakan pilihan yang sehat.

Berikut 8 masakan India yang enak dan bergizi untuk dicoba, dilansir dari Healthline, Senin  (14/3/2022).

Sarapan

1. Chilla

Chilla adalah hidangan India yang gurih ini mirip dengan pancake. Chilla dilumuri dengan rempah-rempah dan disajikan dengan acar India, krim asam, atau yogurt tawar. Chilla juga dihiasi dengan mentimun dan tomat cincang.

Chilla biasanya dibuat dengan tepung buncis, tetapi juga bisa dibuat dari kacang hijau yang bertunas. Kacang hijau adalah kacang-kacangan yang dimakan di seluruh dunia tetapi terutama d negara-negara Asia.

Selain kaya akan sumber protein nabati, kacang hijau juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang terbukti dapat memerangi penyakit seperti diabetes.

2. Poha

Poha adalah salah satu hidangan sarapan India yang populer, yang terbuat dari nasi yang dipipihkan dan direndam dalam air. Kemudian dihaluskan dengan bawang bombay dan campuran rempah-rempah.

Poha dapat ditambahkan dengan topping kacang tanah dan kacag polong, yang memiliki tekstur yang sangat lezat. Hal ini akan meningkatkan nilai gizi pada hidangan, menyediakan kalsium dan zat besi bersama serat dan protein, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Makan siang dan malam

3. Chole Masala

Chole Masala adalah hidangan India yang terbuat dari buncis yang direbus dalam saus tomat berbumbu.

Hidangan Chole Masala dapat dimakan berbarengan dengan roti (roti pipih India), bhatura (roti kembung goreng), atau naan (roti pipih India biasanya dimasak dalam oven tanah liat) yang memiliki perpaduan cita rasa yang sangat lezat.

Kata “masala” berarti “campuran bumbu”, sebagaimana di maksud campuran bumbu rempah-rempah seperti jinten, bubuk bawang putih, serpihan cabai, kunyit, biji ketumbar, dan lada hitam yang biasanya untuk bumbu masakan chole masala.

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, buncis mengandung protein tinggi. Buncis juga menyediakan sejumlah besar delapan dari sembilan asam amino esensial, yang merupakan bahan pembangun protein. Yang berarti, buncis adalah pilihan yang tepat untuk diet vegetarian.

4. Daal

Masakan India termasuk hindangan yang paling lezat dan juga bernutrisi, sehingga pilihan tepat untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet.

Daal adalah kari lentil harum yang dibumbui dengan jinten, kunyit, kayu manis, garam masala, dan rempah-rempah lainnya.

Daal dapat dibuat dengan berbagai macam lentil, seperti toor daal (kacang merpati split), masoor daal (lentil merah), dan chana daal (kacang buncis). Secara tradisional, daal bisa dimakan dengan nasi, naan, atau roti. Dapat disajikan dengan sayuran India dan dinikmati sebagai sup.

Untuk vegetarian, daal dapat menjadi dasar dari makanan berprotein tinggi. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya, lentil memiliki kandungan serat yang tidak larut tinggi, serta karbohidrat prebiotik dalam jumlah tinggi.

Hal ini dapat membantu meningkatkan keteraturan usus, dan karbohidrat prebiotik yang mendukung pertumbuhan probiotik ramah usus, yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan mental.

Itu karena usus dan otak berkomunikasi dengan erat, membentuk “poros usus-otak.” Khususnya, bakteri usus dapat meningkatkan produksi bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati seperti dopami dan serotonin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masakan Lainnya

5. Kari Ikan Alleppey

Kari Ikan Alleppey ini hidangan India yang disiapkan dengan ikan lembut, bumbu pedas, dan santan kental. Kari Ikan Alleppey juga termasuk hidangan India populer yang penuh dengan rasa manis dan asam.

Kata “Alleppey” berasal dari Distrik Alleppey di negara bagiian Kerala, India, yang terkenal dengan kari ikannya yang harum. Jenis ikan yang paling sering dipakai untuk masak masakan kari ikan Alleppey adalah makarel atau kingfish India, dan biasanya diperkaya dengan asam atau mangga hijau.

Menurut penelitan, orang yang makan ikan beberapa kali seminggu memiliki penurunan risiko kematian akibat jantung.

6. Jalfrezi

Rempah-rempah yang harus dan rasa khas India dikemas dalam hidangan masakan jalfrezi, tumisan mirip kari yang dikenal dengan banyak variasinya. 

Jalfrezi menggabungkan protein seperti ayam atau udang bersama paprika, bawang, dan tomat. Jahe memberikan rasa aromatic, dan cengkeh, jinten, dan cabai menciptakan rasa pedas yang membara di mulut Anda di setiap gigitannya. 

Paprika adalah salah satu sumber terkaya vitamin C, yang penting untuk beberapa proses tubuh, termasuk sintesis kolagen dan penyerapan zat besi.

Vitamin ini juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel Anda dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan kekebalan tubuh.

Hidangan

7. Masala Bhindi

Masala Bhindi adalah hidangan India yang menggugah selera. Bahan utamanya adalah okra, yang disebut “bhindi” dalam bahasa Hindi. 

Hidangan ini disiapkan dalam saus berbasis tomat pedas dan disajikan dengan roti atau naan.

Manfaat dari okra adalah kaya akan serat makanan, yang dikaitkan dengan kontrol gula darah yang lebih baik. Secara khusus, makan makanan yang berserat tinggi merupakan startegi penting bagi orang yang mengelola diabetes.

8. Baingan Bharta

Baingan Bharta terbuat dari terong yang dikupas dan dihaluskan yang dipanggang dalam oven atau dimasak di atas kompor dan kemudian ditambahkan ke saus tomat kental yang diresapi dengan rempah-rempah seperti kunyit dan cabai.

Kunyit kaya akan kurkumin, senyawa yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Faktanya, kurkumin telah terbukti bermanfaat bagi orang dengan kondisi peradangan seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi, meskipun mekanisme pastinya tidak jelas.

Itulah 8 masakan India yang enak dan bergizi, yuk kita coba buat dirumah agar bisa mencicipi makanan India.

Reporter: Farah Meilinda Putri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini