Sukses

Ada 5 Bahasa Cinta, yang Mana Love Language Kamu?

Beberapa orang mungkin belum mengerti apa itu love language.

Liputan6.com, Jakarta Akan lebih bagus jika memperlakukan pasangan, teman, orang tua, atau sahabat dengan baik. Salah satunya dengan bahasa cinta atau love language.

Bahkan Anda pun berhak mendapatkannya. Dengan demikian, Anda dan orang-orang tersebut bisa lebih merasa dihargai dan dicintai.

Sebetulnya istilah ini sudah ada sejak lama. Seorang pengarang sekaligus konselor dengan gelar di bidang antropologi Gary Chapman telah menciptakan buku berjudul The 5 Love Language.

Beberapa orang mungkin belum mengerti apa itu love language. Melansir Lifestyleasia.com, Kamis (19/5/2022), 5 Bahasa Cinta adalah peta jalan manusia tentang bagaimana membuat semua orang dalam hidup Anda merasa baik, dicintai, dan dihargai, termasuk diri Anda sendiri.

Bagian yang menariknya adalah bahwa setiap orang, tergantung pada "tipe", mungkin merasakan cinta dengan sangat berbeda. Meliputi cara merasakan, memberi, dan menerima cinta dari pasangan, orang tua, teman, atau sahabat itu berbeda-beda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Bahasa Cinta Itu?

Menurut Chapman seperti dalam bukunya, ada lima cara berbeda yang dialami orang tentang cinta:

1. Act of Service: melakukan hal-hal yang bermanfaat

2. Words of Affirmation: mengatakan hal-hal yang mendukung

3. Quality Time: menghabiskan waktu yang berarti

4. Physical Touch: berbagi kedekatan fisik dan keintiman

5. Receiving Gifts: memberi atau menerima hadiah

Tentu saja, semua jenis cinta itu dirasakan oleh semua orang. Setiap orang punya cara utama untuk menerima dan mengekspresikan cinta kepada orang lain, menurut Chapman. Itulah yang disebut "bahasa cinta utama".

Akan teapi, itu bisa menjadi lebih menarik dengan love language tersebut. Misalnya, Anda mungkin suka memberi hadiah yang bijaksana kepada orang lain, tetapi ketika Anda diberi hadiah, itu mungkin tidak membuat kesan yang besar.

Di samping itu, bahasa cinta pilihan Anda juga ternyata dapat berubah seiring waktu, dalam suatu hubungan, dengan situasi kehidupan yang berubah, dan dari satu hubungan ke hubungan lainnya.

Misalnya, Anda mungkin lebih menghargai sentuhan fisik dengan pasangan yang romantis daripada dengan keluarga Anda.

Anda mungkin lebih menghargai tindakan pelayanan dari pasangan Anda setelah menjadi orang tua daripada sebelumnya, atau Anda mungkin perlu menyesuaikan bahasa cinta Anda saat menjalani hubungan jarak jauh.

Apakah Penting Mengetahui Love Language?

Semakin menyadari bagaimana Anda mencintai seseorang dalam hidup Anda dan bagaimana Anda benar-benar jatuh cinta, semakin mudah untuk mendapatkan dan memberikan cinta.

Ketika Anda tahu bagaimana Anda bekerja, apa yang Anda inginkan, dan apa yang perlu Anda berikan kepada pasangan dan orang yang Anda cintai, itu membuatnya 100 kali lebih mudah untuk dilakukan. Bahasa cinta adalah peta jalan menuju kepuasan.

 

 

3 dari 3 halaman

5 Bahasa Cinta

Untuk mengetahuinya, berikut ini penjelasan terkait lima bahasa cinta atau love language.

Act of Service

Orang yang memilih act of service sebagai bahasa cinta utama adalah seseorang yang benar-benar percaya bahwa tindakan berbicara lebih penting daripada kata-kata. Misalnya, memberikan tindakan pelayanan yang baik, seperti memasak makanan, menjalankan tugas untuk mereka jika mereka terlalu sibuk, atau di sisi lain melakukan hal-hal ini itu untuk Anda.

Jika ini adalah bahasa cinta yang penting bagi Anda, semua hal yang dilakukan mungkin membuat Anda merasa dicintai.

Word of Affirmation

Ini kebalikan dari act of service. Orang dengan love language words of affirmation lebih menghargai kata-kata daripada tindakan. Apa yang mereka katakan dan apa yang orang lain katakan kepada mereka adalah tanda cinta dan penghargaan.

Umumnya, orang ini menginginkan dan memberikan pujian verbal, seperti:

a. "Kamu sangat pandai memperbaiki barang-barang."

b. "Kau selalu tahu persis apa yang harus kukatakan padaku."

c. "Aku sangat suka pakaian itu untukmu."

Taburkan beberapa kalimat baik seperti itu setiap hari kepada orang yang memiliki bahasa cinta ini agar mereka lebih bersemangat. Di sisi lain, ketika kata-kata seperti itu tidak diucapkan, mereka mungkin merasa tidak dicintai.

Quality Time

Seseorang dengan bahasa cinta quality time menginginkan perhatian penuh dan tidak ingin diganggu. Ini bukan tentang apa yang Anda lakukan selama waktu bersama, tetapi tentang apakah itu waktu berkualitas atau tidak.

Misalnya, menonton TV bersama. Agar menjadi waktu yang berkualitas, mereka perlu dipeluk, terhubung, dan dilihat saat menonton pertunjukan. Duduk di sana menatap TV tanpa scroll Instagram secara bersamaan. Sebab, itu akan membuat orang ini merasa tidak dicintai dan tidak dihargai. Orang yang bahasa cinta utamanya adalah waktu berkualitas sangat menghargai waktu dan kebersamaan.

Physical Touch

Pemilik love language physical touch senang menyentuh dan disentuh. Tidak selalu seksual. Misalnya, sentuhan fisik dapat mencakup pelukan, berpegangan tangan, lengan melingkari bahu, bermain dengan rambut, berpelukan, berciuman.

Itu semua adalah bentuk sentuhan yang akan membuat mereka merasa dicintai dan dihargai. Jika sentuhan tidak diberikan kepada mereka atau dihargai ketika mereka memberikannya, mereka mungkin merasa terputus atau diabaikan dalam hubungan.

Receiving Gifts

Orang yang menjadi receiving gift sebagai bahasa cinta utama mereka suka menerima hadiah yang bermakna untuk merasa dicintai dan dihargai. Akan tetapi, bukan berarti orang tersebut materialistis. Itu hanya berarti bahwa di suatu tempat dalam hidup Anda belajar bahwa ketika seseorang memberi kepada orang lain, itu adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan cinta.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa hadiah tidak harus super mahal. Itu hanya perlu memiliki pemikiran dan/atau makna di baliknya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini