Sukses

Segudang Manfaat Seledri yang Harus Kamu Tahu

Menurut Ahli Gizi Maya Feller, selain vitamin dan mineral, seledri juga mengandung air. Batang dan daunnya menawarkan beberapa nutrisi, seperti vitamin C dan magnesium.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mungkin ada yang tidak menyukai seledri dan sebagian lagi sangat menyukai. Terlepas dari itu, ternyata seledri memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat seledri?

Menurut Cornell University, seledri adalah sayuran cuaca dingin yang berasal dari Mediterania. Tidak hanya daun, tetapi batangnya pun renyah dan berusuk sehingga bisa pula dikonsumsi.

Melansir prestigeonline.com, Senin (6/6/2022), menurut Ahli Gizi Maya Feller, selain vitamin dan mineral, seledri juga mengandung air. Batang dan daunnya menawarkan beberapa nutrisi, seperti vitamin C dan magnesium.

Feller mengatakan, di dalam seledri mengandung vitamin K yang berlimpah. Jadi, itulah manfaat yang ditawarkan dari seledri bagi tubuh. Sebab, vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah yang tepat guna mencegah pendarahan berlebih hingga pembentukan tulang.

Di samping itu, seledri juga mengandung serat ramah usus - baik tidak larut dan larut - yang penting untuk pencernaan yang sehat, menurut Ahli Diet dan Pendiri Mea Nutrition Isa Kujawski.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Seledri untuk Kesehatan

TBH, jika Anda sedang dalam misi untuk meningkatkan asupan mikronutrien, seledri tidak akan menjadi kontributor utama, kata Feller. Ingat, seledri kebanyakan mengandung H2O.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat seledri bagi tubuh.

1. Menawarkan Beberapa Antioksidan Penangkal Penyakit

Seledri memiliki jumlah antioksidan sederhana, seperti beta-karoten, vitamin C, dan flavonoid, menurut Feller. Sayuran ini juga mengandung asam caffeic, antioksidan yang ditemukan dalam kopi, teh, dan anggur.

Jadi, penggunaan seledri juga perlu diperhatikan karena antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang memerangi radikal bebas (molekul berbahaya) yang — bila berlebihan — menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, dengan kata lain itu penyebab utama kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seledri mengandung serat larut dan tidak larut, kata Kujawski. Itulah yang dapat membuka jalan bagi pencernaan yang sehat.

Serat larut, yang menarik air, berubah menjadi zat seperti gel di saluran pencernaan. Ini dapat membantu mengencangkan tinja yang longgar atau melunakkan tinja yang keras. “Serat larut juga merupakan prebiotik, yang berarti bertindak sebagai makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan,” jelas Kujawski.

Di samping itu, bakteri "baik" ini bertanggung jawab atas banyak sekali fungsi pencernaan, seperti memecah makanan, menyerap nutrisi, dan mengendalikan peradangan usus — hanya untuk beberapa nama. Dengan demikian, memenuhi serat larut dengan seledri itu dapat membantu memastikan bakteri baik di dalam usus Anda memiliki cukup makanan untuk berkembang dan menjaga kesehatan perut Anda.

Namun sebaliknya, serat tidak larut tidak larut dalam air sehingga tetap utuh di usus Anda. Ini menambah jumlah tinja, yang dapat membantu "meringankan sembelit dan meningkatkan keteraturan," catat Kujawski.

 

3. Mendukung Kesehatan Jantung

“Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalide, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah,” menurut Ahli Diet terdaftar Symone Moodoo.

Secara khusus, phthalides mengendurkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah ke jantung dan organ vital lainnya. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, alias faktor risiko utama penyakit jantung, kata Moodoo.

Di samping itu, serat larut seledri juga bisa membantu, tambah Moodoo. Ia bekerja dengan menempelkan kelebihan kolesterol di saluran GI ketika serat diekskresikan dalam tinja, ia membawa kolesterol, yang pada akhirnya menurunkan kadar kolesterol darah, menurut sebuah artikel tahun 2019.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Mengelola Gula Darah

Jika Anda sedang mengontrol gula darah, seledri adalah pilihan yang sangat baik, kata Kujawski. Tidak hanya rendah gula secara alami, seledri juga mengandung serat larut. Seperti disebutkan sebelumnya, jenis serat ini berubah menjadi gel di usus. Bahan seperti gel ini dapat membantu memperlambat pencernaan gula, kata Kujawski sehingga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, sebuah studi tahun 2016 mencatat bahwa mengonsumsi serat larut secara teratur dapat bermanfaat bagi kadar gula darah jika Anda sudah menderita diabetes tipe 2. Ini adalah BFD karena manajemen gula darah adalah kunci untuk mencegah komplikasi diabetes tipe 2, seperti penyakit jantung dan kerusakan saraf.

5. Kesehatan Tulang

Seledri mengandung sejumlah besar vitamin K. Faktanya, 1 cangkir seledri cincang mengandung 29,6 mikrogram nutrisi, yaitu sekitar sepertiga dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita (90 mikrogram) dan seperempat untuk pria (120 mikrogram).

Jadi, seledri baik untuk tulang karena vitamin yang diperlukan untuk membuat osteocalcin, protein yang terlibat dalam kekuatan tulang. Osteocalcin bertugas menyimpan kalsium ke dalam tulang Anda, langkah kunci dalam perkembangan tulang, menurut artikel ilmiah tahun 2020.

6. Menghidrasi

Minum air bukan satu-satunya cara untuk tetap terhidrasi. Beberapa makanan, seperti semangka dan mentimun, memiliki kandungan H2O yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan hidrasi Anda secara keseluruhan.

Begitu pun dengan seledri. Seledri terbuat dari 95 persen air, kata Feller. Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan karena air mengatur suhu tubuh Anda, melumasi persendian, dan membantu membuang limbah dari tubuh, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sebuah artikel tahun 2021 juga mencatat bahwa seledri mengandung kalium dan natrium — dua elektrolit pentingyang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan normal dalam sel Anda, memastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang dibutuhkan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.