Sukses

Ramuan Tradisional Ini Ampuh Redakan Hidung Tersumbat Hingga Hilangkan Dahak Mengental

Seperti yang diketahui, perubahan musim dapat merusak sistem kekebalan tubuh seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Ketika obat sudah tidak lagi ampuh mengatasi hidung tersumbat dan menghilangkan dahak yang kental, ramuan tradisional buatan rumah bisa menjadi solusi. Bahan tersebut dengan mudah dapat ditemukan, tapi tidak semua jenis mampu meredakan permasalahan tersebut.

Seperti yang diketahui, perubahan musim dapat merusak sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal itu yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dari pilek, batuk, dan paru-paru tersumbat. Pada saat-saat seperti itu, pengobatan tertentu yang dicoba dan diuji dapat memberikan kelegaan yang luar biasa.

Beberapa ramuan tradisional yang dapat meredakan hidung tersumbat dan menghilangkan dahak atau lendir yang mengental antara lain bawang bombay, jaggery atau gula asal India, kunyit, dan lada hitam.

Jika Anda sedang bermasalahan dengan kesehatan tersebut, berikut ini cara untuk mengatasinya seperti melansir The Indian Express, Kamis (22/12/2022).

Bahan

1 sdm – bawang bombay, cincang

1 sdm – jaggery

1/4 sdt – Kunyit

Sejumput - Lada hitam

Cara

Pertama, rebus seluruh bahan secara bersamaan selama kurang lebih tiga menit. Setelah mendidih, tuangkan ramuan ke dalam gelas. Tunggu sampai menjadi hangat lalu minumlah.

 

Keempat bahan tersebut tidak hanya dianggap dapat meredakan hidung tersumbat, tapi juga menjaga kesehatan paru-paru. Mengingat paru-paru adalah organ vital yang berfungsi 24/7 secara efektif dan membutuhkan banyak pelumasan, diet seimbang, dan perawatan yang tepat. Menurut ahli diet Sameeksha Kalra, beberapa pengobatan rumahan, seperti jus lemon dan madu, sirup jahe dengan kayu manis, atau teh peppermint, mengandung zat dengan aksi ekspektoran, antiinflamasi, antiseptik, dan antioksidan.

“Mereka membantu menghilangkan sekresi di saluran pernapasan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Obat ini dapat mengurangi batuk berdahak yang disebabkan oleh pilek, atau flu,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa minuman bawang juga merupakan obat yang ampuh.

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Ramuan

Selain itu, dia menambahkan, “Obat rumahan untuk dahak yang terbuat dari bawang ini mengandung sifat ekspektoran dan antiseptik. Ini membantu melonggarkan dahak, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan paru-paru yang mencegah produksi lendir lebih lanjut.”

Sementara itu, Jaggery membantu menciptakan perisai terhadap penyakit karena sifat dekongestannya yang membantu membersihkan dahak dari sistem Anda dan mempercepat pemulihan, kata Kalra.

Ia menambahkan, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu melawan infeksi yang mungkin memicu produksi lendir. “Ini juga terbukti membantu melegakan saluran udara, dan mendukung ekskresi lendir berlebih. Sejumput lada hitam bertindak sebagai bahan antioksidan, antivirus, antibakteri yang melawan infeksi. Ini membantu mengencerkan lendir yang membantu bernafas dengan mudah,” kata Kalra.

Seorang direktur dan kepala dan pulmonology Faridabad Ravi Shekhar Jha pun setuju dengan ramuan tersebut. Dia mengatakan bahwa minuman tersebut juga dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan.

“Ini memiliki antioksidan yang secara umum baik untuk mengurangi kerusakan radikal bebas pada jaringan paru-paru dan organ penting tubuh lainnya termasuk rambut dan kulit,” ujar Jha.