Sukses

Di Mana Kursi Teraman Ketika di Pesawat?

Perjalanan udara adalah moda transportasi yang paling aman. Tapi adakah letak kursi teraman di pesawat?

Liputan6.com, Jakarta Saat anda memesan penerbangan, apakah berpikir untuk memilih kursi yang aman ketika dalam keadaan darurat? Mungkin tidak.

Hal tersebut karena biasanya orang-orang memesan kursi pesawat untuk kenyamanan saja seperti memilih kursi yang sedekat mungkin ke area depan supaya bisa turun lebih cepat.

Padahal secara statistik, kursi tengah di baris terakhir menjadi kursi teraman di pesawat.

  •  Perjalanan udara paling aman
Perjalanan udara adalah moda transportasi yang paling aman. Berdasarkan lansiran dari CNBC, Senin (13/02/2023), menurut analisis data Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat, kemungkinan kematian di pesawat adalah sekitar 1 banding 205.552, dibandingkan dengan 1 banding 102 di dalam mobil. Tidak perlu khawatir tentang keselamatan saat naik penerbangan komersial.
 
Namun ketika pesawat mengalami keadaan darurat maka hal tersebut tetap menentukan kelangsungan hidup kita. Berlari ke gunung akan mengurangi peluang untuk bertahan hidup secara eksponensial, tapi dengan mendarat di laut terlebih dahulu juga mengurangi peluang untuk bertahan hidup.
 
Pilot sendiri dilatih untuk meminimalkan potensi risiko dalam keadaan darurat sebaik mungkin. Mereka akan berusaha menghindari menabrak gunung dan mencari tempat yang datar, seperti lapangan terbuka untuk mendarat senormal mungkin.
 
Teknik pendaratan di air membutuhkan penilaian terkait kondisi permukaan dan usaha untuk mendarat di antara gelombang pada sudut pendaratan normal.
 
Pesawat dirancang untuk menjadi sangat kuat dalam situasi darurat. Alasan utama awak kabin mengingatkan kita untuk tetap memasang sabuk pengaman karena “clear air turbulance” yang bisa dialami kapan saja di ketinggian. Fenomena cuaca yang paling banyak menyebabkan kerusakan pada penumpang dan pesawat.
 
2 dari 2 halaman

Jenis Pesawat

  • Apakah jenis pesawat membuat perbedaan?

Memang, ada variabel tertentu, seperti dampak dari kecepatan udara yang bisa sedikit berbeda di antara jenis pesawat yang berbeda. Namun, fisika penerbangan kurang lebih sama pada semua pesawat.

Umumnya, pesawat yang lebih besar akan memiliki lebih banyak material struktural dan karenanya lebih kuat untuk menahan tekanan di ketinggian.

Ini berarti mereka dapat memberikan perlindungan tambahan dalam keadaan darurat tetapi ini sangat bergantung pada tingkat keparahan saat keadaan darurat.

Namun bukan berarti Anda harus memesan penerbangan selanjutnya dengan memilih pesawat terbesar yang bisa Anda temukan.

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti