Sukses

Perfeksionisme Menjadi Musuh Terbesar Diri Sendiri, Begini Cara Mengontrolnya

Salah seorang penulis kesehatan mental Morra Aarons-Mele tidak setuju dengan pernyataan bahwa perfeksionisme menggambarkan seorang individu yang berambisi.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang mengartikan sifat perfeksionisme sebagai sebuah ambisi. Namun ternyata, hal itu justru menjadi musuh terbesar diri sendiri.

Salah seorang penulis kesehatan mental Morra Aarons-Mele tidak setuju dengan pernyataan bahwa perfeksionisme menggambarkan seorang individu yang berambisi.

“Perfeksionisme adalah kecemasan,” tutur Aarons-Mele seperti dilansir CNBC, Selasa (14/2/2023).

Terlalu banyak orang berpikir bahwa “jika kita tidak memberikan 100 persen, jika kita tidak sempurna, itu adalah penilaian terhadap kita”, tambahnya. Padahal, lanjutnya lagi, “Ini bukan tentang pekerjaan kami. Ini tentang kita dan nilai bawaan kita.”

Perfeksionisme di kalangan orang dewasa muda telah meningkat secara signifikan sejak 1980-an. Sebagian terdorong oleh media sosial dan kecenderungan seseorang untuk mengukur diri mereka terhadap keberhasilan rekan-rekan di sekolah dan di tempat kerja, demikian temuan sebuah studi American Psychological Association tahun 2018 .

Sementara itu, menetapkan standar tinggi yang tidak realistis untuk diri sendiri pun bisa membawa dampak mental yang kuat .

“Sebanyak dua dari lima anak dan remaja adalah perfeksionis,” kata psikolog Kate Rasmussen. Dia meneliti perkembangan dan perfeksionisme anak.

“Kami mulai berbicara tentang bagaimana hal itu mengarah pada masalah epidemi dan kesehatan masyarakat,” tambah dia.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan sifat perfeksionisme ini, kata Aarons-Mele.

Pelajari cara mengenali tanda-tandanya

Ada alasan Anda berpegang teguh pada kecenderungan perfeksionis selama ini, kata Aarons-Mele.

Perfeksionis memiliki tingkat motivasi yang lebih tinggi daripada non-perfeksionis, penelitian menunjukkan. Hal itu kemudian dapat membuat Anda merasa bahwa pengejaran kesempurnaan tanpa henti saja membuat Anda tetap berada di jalur.

Tidak hanya itu, perfeksionisme juga menyebabkan harga diri rendah, stres tinggi dan gangguan depresi dan kecemasan. Dalam bekerja, Anda bisa jadi menyelesaikan tugas dengan kurang efisien, perfeksionis sebenarnya menghasilkan pekerjaan dengan kualitas lebih rendah daripada kemampuannya, demikian temuan para peneliti di Universitas Trinity Western Kanada pada 2009.

Jangka panjangnya, perfeksionisme biasanya membawa orang ke salah satu dari dua jalan, tidak ada yang baik untuk Anda, kata Aarons-Mele. Anda akan bekerja terlalu keras sampai benar-benar kelelahan atau menunda-nunda tanpa henti karena taruhannya terasa terlalu tinggi.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir. Langkah pertama untuk mengatasi masalah itu sederhana. Mulailah memperhatikan waktu dan tempat masalah itu muncul dalam hidup.

Semakin banyak tahu tentang kecenderungan, semakin Anda mendapatkan fokus untuk mengubahnya, kata Aarons-Mele - dan semakin sedikit energi yang Anda buang untuk memutar roda di tempat lain.

 

2 dari 2 halaman

Tetapkan ‘aturan dasar’ untuk otak

Jika kecenderungan perfeksionis Anda sangat menghambat kehidupan atau kinerja, Aarons-Mele menekankan bahwa Anda harus mencari bantuan profesional. Mengingat hubungan antara kecenderungan perfeksionis dan kecemasan kemungkinan ada penyebab mendasar yang dapat dibantu oleh seorang profesional untuk Anda atasi, katanya.

Kalau tidak, Aarons-Mele menyarankan untuk menetapkan beberapa “aturan dasar” sehingga perilaku Anda tidak sesuai dengan intensitas pikiran.

Itu mungkin berarti menetapkan batas waktu untuk proyek yang membuat Anda tergoda untuk mengerjakannya secara berlebihan. Bersikaplah realistis tentang apa yang layak dan usahakan untuk bekerja dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya. Jika sebuah proyek seharusnya tidak memakan waktu delapan jam, jangan biarkan itu memakan waktu delapan jam.

Alih-alih, rencanakan sebelumnya untuk menentukan cara untuk mengatur kecepatan diri sendiri. Berikan setiap tugas tenggat waktu singkat, Anda akan tetap berada di jalur dan memiliki sesuatu yang rapi.

Atau, jika Anda terlalu gugup untuk memulai suatu proyek karena menginginkannya berjalan dengan sempurna, tetapkan tujuan kecil yang nyata untuk membantu diri sendiri untuk memulai. Misalnya, buka Google Doc, tulis email. Idenya adalah memberi diri Anda momentum.

Namun, strategi-strategi ini hanya berhasil jika Anda memperlakukan diri sendiri dengan kasih saying dan terus menolak suara yang mengatakan bahwa segala sesuatu harus sempurna, kata Aarons-Mele. Ingatkan diri Anda.

Dia menambahkan, “Saya adalah orang yang luar biasa dan luar biasa tanpa semua kecemasan dan tekanan.”