Sukses

Apakah Bangun Jam 5 Pagi Bisa Tambah Produktivitas?

Melatih hal ini tentu tidak mudah terutama bagi yang tidak terbiasa bangun pagi, namun latihan ini dapat membantu menjadi manusia yang lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta Pasti banyak orang pernah mendengar bahwa orang yang sukses biasanya bangun sepagi mungkin untuk menyelesaikan sesuatu.

Melatih hal ini tentu tidak mudah terutama bagi yang tidak terbiasa bangun pagi, namun latihan ini dapat membantu menjadi manusia yang lebih produktif.

 

Melansir dari laman CNBC, Senin (6/3/2023), terdapat tips dari psikiater tentang cara supaya bisa bangun jam 5 pagi tetapi tetap mempertimbangkan kesehatan anda secara keseluruhan.
 
Pro dan kontra bangun jam 5 pagi
 
1. Punya lebih banyak waktu dalam kesendirian
2. Bisa hanya berdiam diri di kasur selama satu jam untuk menikmati keheningan karena orang-orang di rumahnya belum memulai aktivitas. Selain itu, bisa bermeditasi setiap hari sebelum akhirnya berangkat kerja
3. Meningkatnya energi di awal hari kerja
4. Dengan latihan ini membuat dirinya merasa bisa lebih bersemangat pada awal hari kerja. Sebelumnya ia tidak merasakan hal seperti itu
5. Bisa mengecek cucian di pagi hari
6. Pergi ke gym sebelum bekerja sehingga tubuh menjadi lebih sehat
7. Dapat membuat sarapan yang lebih besar
8. Sebelumnya hanya makan oatmeal saja. Sedangkan sekarang bisa membuat pancake yang dipasangankan dengan telur, buah dan sayuran.
 
Namun itu semua tidak dapat terlepas dari kontra, yaitu sebagai berikut:
 
1. Harus tidur lebih cepat daripada biasanya supaya tetap mendapatkan jumlah tidur yang sama dengan biasanya
2. Malam rasanya seperti cepat berlalu
3. Harus tetap bangun lebih awal walaupun weekend
 
Bangun pagi dinilai memberi banyak hal yang baik daripada hal buruk.  Ini dia cara beralih menjadi bangun jam 5 pagi versi psikiater.
 
“Bangun jam 5 pagi bisa sangat bermanfaat. Melakukan hal ini memungkinkan untuk anda merawat diri tanpa adanya gangguan seperti olahraga atau bermeditasi, atau menyelesaikan beberapa hal dari daftar tugas anda sebelum anak atau pasangan anda bangun,” kata Dr. Anisha Patel-Dunn, Psikiater dan kepala petugas medis dari LifeStance Health
 
Namun, bukan berarti mengubah waktu bangun Anda biasanya menjadi jam 5 pagi akan mudah. Berikut adalah beberapa tips yang direkomendasikan oleh Patel-Dunn jika berencana untuk beralih.
 
• Bersikaplah realistis dengan diri sendiri dan pahami bahwa penyesuaian tidak akan terjadi dalam semalam.
• Lakukan secara bertahap dengan bangun sedikit lebih awal dari waktu ke waktu.
• Pastikan Anda cukup tidur.
 
 
Penulis: Nita Suci Lydiarti
 
Video Terkini