Sukses

Simak Tips dari Ahli agar Tidur Cukup dan Berkualitas

Kondisi tidur Anda setiap malam memiliki peran penting dalam mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda

Liputan6.com, Jakarta Kondisi tidur Anda setiap malam memiliki peran penting dalam mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Tidak heran jika beberapa profesi memanfaatkan jasa dokter tidur untuk memastikan mereka mendapat kualitas tidur sesuai yang dibutuhkan, contohnya seorang atlet.

Dana Santas, sebagai pelatih mobilitas yang bekerja di Major League Baseball membuktikan bahwa selama latihan musim semi dimulai setiap hari lebih awal, para pemain dan pelatih sama-sama takut kehilangan satu jam tidur.

Bukan hanya pemain bisbol profesional yang berjuang. Studi pada 2022 menemukan bahwa lebih dari 30% orang dewasa telah melaporkan utang tidur satu jam, ini terjadi saat Anda tidur kurang dari yang dibutuhkan tubuh, sedangkan hampir 1 dari 10 orang dewasa memiliki utang tidur dua jam atau lebih.

Untuk ukuran orang dewasa, butuh setidaknya 7 jam tidur nyenyak di malam hari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Kondisi kurang tidur sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan bahkan berisiko timbul penyakit jantung, demensia, obesitas, dan gangguan suasana hati seperti depresi atau kecemasan.

Berikut beberapa tips yang digunakan para pemain bisbol profesional untuk mengatasi masalah tidur Anda.

Cobalah untuk menjaga jadwal yang teratur

Penting untuk mendapatkan tidur tujuh jam lebih yang direkomendasikan setiap malam. Berpegang pada waktu tidur dan bangun yang dijadwalkan secara teratur membantu.

Dr. Cheri D. Mah, seorang dokter tidur yang berspesialisasi dalam tidur dan kinerja atlet elit berkata, “Tubuh kita menyukai keteraturan dan akan mengantisipasi tidur dengan jadwal tidur yang teratur.”

 

2 dari 3 halaman

Tips Lain

Siapkan suasana tidur Anda

Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, Anda membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk tidur. Mah merekomendasikan untuk mendapatkan tempat tidur yang nyaman, menggunakan tirai anti tembus pandang atau masker mata, mengenakan penutup telinga dan mengatur suhu ruangan pada 60 hingga 67 derajat Fahrenheit (sekitar 16 hingga 19 derajat Celcius).

Berhentilah menilai kecepatan Anda untuk tidur

Apakah Anda menilai seberapa baik Anda tidur berdasarkan seberapa cepat Anda tertidur? Sayangnya, Winter menjelaskan bahwa jumlah waktu yang Anda perlukan untuk tertidur, yang disebut kecepatan latensi tidur, merupakan ukuran yang tidak akurat untuk kualitas tidur. Berapa lama untuk tertidur bervariasi dari orang ke orang.

Ciptakan rutinitas santai

Mah mengatakan, banyak orang yang langsung loncat ke tempat tidur dengan pikiran yang berpacu, dan mengakibatkan sulit tidur. Dia menyarankan agar kliennya membuat rutinitas istirahat selama 20 hingga 30 menit untuk membantu mereka beralih ke tidur. Kegiatan dapat mencakup yoga ringan, latihan pernapasan, dan membaca. Sementara, aktivitas menggunakan gadget yang memancarkan frekuensi cahaya biru justru mengganggu tidur.

Baik Mah maupun Winter melaporkan bahwa membuat orang menahan diri dari penggunaan teknologi satu jam sebelum waktu tidur menghadirkan tantangan terbesar bagi klien mereka. Selain itu, alkohol dan kafein juga penghalang untuk tidur.

 

3 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

Berolahraga setiap hari

Seiring dengan semua manfaat kesehatan lainnya dari olahraga teratur, penelitian menunjukkan hubungan yang kuat dengan kualitas tidur yang lebih baik, yang sering ditunjukkan oleh Winter kepada kliennya. Namun, Anda juga perlu menghindari olahraga berat setidaknya satu jam sebelum tidur.

Bayar utang tidur Anda

Utang tidur adalah perbedaan antara jumlah tidur yang Anda butuhkan dan tidur yang sebenarnya Anda dapatkan, terakumulasi dari waktu ke waktu, jika tidak dibayar kembali.

"Sering kali dibutuhkan lebih dari satu malam atau satu akhir pekan untuk membayar kembali akumulasi utang tidur secara signifikan." jelas Mah.