Sukses

Ada 4 Jenis Undertone, Kamu Termasuk yang Mana?

Saat memilih alas bedak atau lipstik, Anda mungkin biasanya memperhatikan warna kulit. Namun, mengetahui rona kulit begitu penting karena dapat membuat atau merusak tampilan riasan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki undertone atau warna kulit yang berbeda-beda. Karena itu, Anda khususnya sebagai wanita harus memahami warna kulit agar mudah memilih produk riasan atau make up.

Saat memilih alas bedak atau lipstik, Anda mungkin biasanya memperhatikan warna kulit. Namun, mengetahui rona kulit begitu penting karena dapat membuat atau merusak tampilan riasan Anda.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, ketahui bahwa warna kulit adalah warna permukaan kulit yang ditentukan oleh jumlah melanin, sedangkan rona kulit adalah warna yang ada di bawah permukaan kulit. Ada berbagai jenis undertone kulit, yaitu warm, neutral, dan cool.

4 Jenis Undertone

Melansir Pinkvilla, Rabu (26/4/2023), secara umum, ada empat macam undertone kulit. berikut ini penjelasannya.

1. Hangat (Warm)

Rona kulit hangat biasanya meliputi rona kulit persik, keemasan, atau kuning. Seseorang dengan nada kulit hangat memiliki jejak warna merah dan emas di kulit. Beberapa orang dengan undertone hangat cenderung memiliki kulit pucat, yang ditandai dengan warna kulit pucat atau kekuningan.

Seseorang dengan undertone hangat harus melindungi kulit dari sinar matahari karena photoaging diketahui bermanifestasi dalam bentuk kerutan yang dalam.

2. Dingin (Cool)

Nuansa cool termasuk rona sejuk, seperti biru, merah, atau merah muda. Seseorang dengan undertone kulit dingin lebih mudah terbakar di bawah sinar matahari.

3. Netral (Neutral)

Seperti namanya, seseorang dengan undertone netral memiliki perpaduan antara warm dan cool undertone. Orang yang memiliki kulit nada netral mudah terbakar matahari dan kecokelatan.

4. Olive

Kebanyakan orang memiliki rona kulit hangat, sejuk, atau netral, tetapi ada pula yang memiliki rona unik lainnya, yaitu olive. Beberapa orang sering keliru menyamakan rona olive dengan netral, tetapi kenyataannya, keduanya sangat berbeda. Nada olive ini memiliki rona kuning dan hijau-abu-abu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menemukan Warna Kulit

Ada beberapa tindakan efektif untuk membantu Anda mengetahui undertone atau warna kulit.

1. Melalui pembuluh darah

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui rona kulit adalah dengan memeriksa pembuluh darah Anda dengan cermat.

a. Jika pembuluh darah berwarna ungu atau biru, berarti Anda memiliki undertone dingin.

b. Jika urat tampak kehijauan, Anda memiliki rona kulit hangat.

c. Jika warna warna pembuluh darah campuran itu berarti Anda memiliki nada netral.

d. Jika warna pembuluh darah cocok dengan warna kulit, Anda mungkin memiliki rona kulit olive.

2. Amati ketika kulit terkena sinar matahari

a. Orang dengan undertone dingin mudah terbakar sinar matahari.

b. Orang dengan nada hangat dan olive menjadi kecokelatan, tetapi tidak terbakar.

c. Jika Anda terbakar dan kemudian menjadi kecokelatan, Anda memiliki nada netral.

3. Bantuan dari perhiasan

Anda bisa menggunakan anting atau kalung untuk mengetahui undertone.

a. Perhiasan emas umumnya terlihat bagus pada orang dengan nada hangat dan olive.

b. Jika Anda terlihat lebih glamor dengan perhiasan perak, itu artinya Anda memiliki cool undertone.

c. Jika warna emas dan perak terlihat menggairahkan, maka Anda mungkin memiliki rona kulit netral.

4. Ambil Sesuatu yang Putih

Salah satu cara termudah untuk menemukan undertone adalah dengan mengambil sesuatu yang berwarna putih. Anda dapat mengambil kain atau bahkan selembar kertas putih, lalu ambil kain/kertas tersebut dengan cahaya alami yang cerah dan dekatkan ke wajah. Kemudian perhatikan kulit Anda.

a. Jika kulit terlihat merah muda, Anda memiliki undertone dingin.

b. Jika wajah terlihat kekuningan, Anda memiliki undertone hangat. Selain itu, jika Anda merasa warna off-white dan creamy lebih cocok, itu tandanya Anda memiliki warm undertone.

c. Jika Anda terlihat cantik dalam balutan warna putih pudar dan mencolok tanpa terlihat pucat, warna kulit Anda mungkin netral.

d. Jika warna putih tidak terlihat bagus untuk Anda, Anda mungkin memiliki rona kulit olive.

5. Amati warna rambut anda

Warna mata dan rambut alami dapat memberi Anda pengetahuan tentang warna kulit. Umumnya, seseorang dengan warna rambut dan mata yang dalam memiliki rona kulit hangat atau olive. Sedangkan seseorang yang memiliki warna mata dan rambut lebih terang cenderung memiliki nada dingin atau netral.

Mengapa Mengetahui Warna Kulit Anda Penting?

Salah satu manfaat utama mengetahui undertone agar membantu Anda memilih corak dan warna yang tepat serta meningkatkan permainan perawatan kulit dan tata rias. Jika ingin tampil alami, tetap pilih warna riasan yang sesuai dengan warna dan rona kulit Anda. Jika Anda ingin bereksperimen dengan tampilan, Anda dapat memilih produk dari keluarga warna yang berlawanan. Misalnya, orang dengan undertone hangat dapat memilih lipstik biru atau merah untuk tampilan yang berani dan glamor.

 

3 dari 3 halaman

Cara Memilih Alas Bedak yang Tepat Berdasarkan Undertone

1. Nada Dingin

Orang dengan undertone dingin sebaiknya menghindari alas bedak dengan warna kekuningan karena dapat membuat kulit terlihat pucat. Anda bisa menggunakan alas bedak berwarna agak merah muda atau alas bedak gading.

2. Nada Hangat

Nada hangat terlihat bagus dengan alas bedak kuning. Seseorang dengan nada hangat bahkan dapat memilih alas bedak dengan nada emas.

3. Nada Netral

Sementara untuk kulit dengan undertone netral harus menghindari penggunaan alas bedak yang membuat kulit menjadi keemasan, merah, kuning, atau merah muda. Jika Anda memiliki undertone netral, Anda harus mencari alas bedak persik. Selain itu, Anda harus memilih alas bedak yang tidak terlalu kuning atau terlalu merah muda.

4. Nada Olive

Orang dengan olive undertone umumnya memiliki rona abu-abu kehijauan, jadi mereka harus memilih alas bedak yang condong ke arah emas. Pastikan untuk tidak menggunakan alas bedak yang membuat kulit Anda terlihat kuning, merah jambu, atau merah dingin.

Sebelum memilih alas bedak, aplikasikan pada tulang pipi, sekitar hidung, dan dekat garis rahang. Periksa tampilannya di bawah cahaya alami. Jika alas bedak mudah menyatu dengan kulit dan tidak meninggalkan residu apa pun, ini cocok untuk Anda.

Baik itu cool atau olive, semua undertone kulit itu cantik. Anda hanya perlu mengetahui warna kulit diri sendiri. Mengidentifikasi rona kulit akan membantu Anda memilih produk riasan yang tepat dan menjalani hari. Menemukan rona kulit Anda bisa sangat mudah jika Anda tahu cara yang benar. Salah satunya dengan memperhatikan pembuluh darah secara lebih dekat, menggunakan perhiasan, dan lihat reaksi kulit terhadap matahari.

Lebih penting lagi, apa pun rona kulit Anda, jangan ragu untuk mencampur dan mencocokkan warna dan bereksperimen dengan penampilan. Ingat, dengan percaya diri, Anda dapat mengguncang setiap tampilan dan pakaian.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini