Sukses

Kalimat Ini Jadi Tanda Kondisi Emosional Stabil, Simak Kata Psikolog Harvard

jika menggunakan salah satu dari 9 kalimat berikut Anda bisa menjadi lebih stabil secara emosional daripada orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang terkendali secara emosional umumnya berdaya, percaya diri, dan nyaman dengan diri mereka sendiri. Mereka menjalani dunia dengan keaslian dan keyakinan, mereka pun melakukan hal yang berarti bagi mereka.

Melansir CNBC Make It, Dr. Cortney Warren sebagai psikolog lulusan Harvard telah menemukan bahwa rasa percaya diri membuat golongan tersebut lebih mampu menghadapi konflik dan rentan terhadap orang lain apalagi mereka tidaklah mencari validasi eksternal.

Namun, butuh banyak usaha untuk mencapai titik emosional tersebut. Menurut Warren, dikutip dari CNBC Make It, jika menggunakan salah satu dari 9 kalimat berikut Anda bisa menjadi lebih stabil secara emosional daripada orang lain.

‘Biarkan saya memikirkannya sebelum menjawab’

Salah satu karakteristik yang paling terlihat dari orang yang aman secara emosional adalah bahwa mereka mengartikulasikan diri dengan baik. Mereka memilih tanggapan mereka dengan hati-hati dan tidak impulsif dalam reaksi mereka.

‘Tidak’

Mereka selalu merasa nyaman dan berani menetapkan batasan. Mereka pun selalu jelas tentang apa yang akan dan tidak akan mereka lakukan berdasarkan prinsip moral, kebutuhan, dan keinginan mereka sendiri.

Jika kata ‘tidak’ terkesan terlalu kasar, bisa juga menggunakan kalimat, seperti ‘Maaf, tapi aku tidak bisa membantu karena aku memiliki banyak komitmen lainnya.’ atau ‘Terima kasih atas tawarannya, tapi itu bukan sesuatu yang saya sukai.’

‘Saya tidak nyaman dengan itu’

Mereka selalu berkomunikasi tentang kebutuhan mereka dengan cara yang penuh hormat. Ini berarti mereka menyatakan bagaimana perasaan mereka ketika seseorang memperlakukan mereka dengan buruk. Jika mereka merasa batasan mereka dilanggar, mereka akan mengambil tindakan untuk melakukan perubahan.

‘Inilah saya, dan saya bangga karenanya’

Mereka konsisten dalam cara mereka beroperasi di dunia. Hal ini membuat keadaan ketika berada di sekitar mereka dapat diprediksi dan aman karena teman dan orang yang dicintai tahu bahwa mereka adalah seperti yang mereka katakan.

‘Saya tidak menyadari bahwa saya sering melakukannya. Terimakasih telah menunjukkan itu’

Orang yang terkendali secara emosional mampu mempertimbangkan kritik tanpa menyerang. Jika mereka menerima feedback atau komentar negatif, mereka tidak tersinggung. Sebaliknya, mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk perbaikan diri.

 

‘Saya akan mengusahakannya’

Dalam hubungan yang bermakna, orang yang aman secara emosional akan berusaha untuk berubah bila perlu. Mereka tahu bahwa mengambil tindakan adalah kunci pertumbuhan pribadi dan memperkuat koneksi.

‘Maaf, Anda kesulitan. Bagaimana saya bisa membantu?’

Sifat empatik dan tidak menghakimi mereka dalam hubungan membuat mereka hebat dalam bersikap suportif. Mereka juga memahami bahwa jika seseorang mengalami hari yang buruk, itu bukanlah cerminan mereka.

‘Ini penting bagi saya’

Memiliki sistem kepercayaan yang kuat adalah kunci untuk merasa aman secara emosional karena memandu pilihan kita. Ketika suatu nilai dilanggar, orang yang aman secara emosional mampu mengambil sikap untuk apa yang mereka yakini bermoral dan adil.

‘Saya akan mencoba’

Orang yang aman secara emosional telah memupuk rasa aman di dalam diri yang memberi tahu mereka bahwa mereka akan baik-baik saja, bahkan jika upaya baru gagal. Ini memungkinkan mereka untuk bereksperimen dengan hal-hal baru, seperti hobi, pertemanan, atau perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini