Sukses

Kenali 6 Tanda Pasangan Merasa Tidak Bahagia Saat Menjalin Kasih, Apa Saja?

Dalam suatu hubungan, tentu sangat penting untuk memperhatikan kesejahteraan emosional pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan adalah tujuan yang ingin dicapai dari setiap pasangan ketika menjalani hubungan. Namun, bagaimana nasibnya jika pasangan merasa tidak bahagia? Lalu, apa saja tanda-tanda yang terjadi bila pasangan Anda tidak merasakan kebahagiaan dalam berhubungan?

Dalam suatu hubungan, tentu sangat penting untuk memperhatikan kesejahteraan emosional pasangan. Ketidakbahagiaan perlahan-lahan dapat menyusup ke dalam suatu hubungan, memengaruhi keseluruhan dinamika dan hubungan antar pasangan. Jadi, menyingkap tanda-tanda ketidakbahagiaan begitu perlu demi mengatasi masalah, memupuk komunikasi terbuka, dan mengupayakan hubungan yang lebih sehat.

Dari perubahan perilaku dan pola komunikasi hingga penarikan diri secara emosional dan kurangnya keintiman, memahami tanda-tandanya dapat memandu Anda dalam mendukung, memulai percakapan yang bermakna, dan mengambil langkah untuk memperbaiki hubungan. Dengan bersikap proaktif dan jeli, Anda dapat membina hubungan yang lebih memuaskan dan harmonis.

Tanda-Tanda Ketidakbahagiaan Pasangan dalam Hubungan

Dalam sebuah wawancara dengan psikolog dan pakar hubungan, Kirti Verma membagikan beberapa tanda yang dapat membantu Anda mengetahui jika pasangan Anda tidak bahagia dalam menjalani hubungan.

Melansir Hindustan Times, Senin (5/6/2023), berikut ini beberapa tanda pasangan tidak bahagia yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan komunikasi

Salah satu tanda ketidakbahagiaan yang signifikan dalam suatu hubungan adalah gangguan komunikasi. Pasangan Anda mungkin menjauh, menghindari diskusi, atau menunjukkan kurangnya minat untuk terlibat secara emosional dengan Anda.

2. Penarikan emosional

Jika pasangan Anda mulai menarik diri secara emosional, menunjukkan kasih sayang, empati, atau dukungan yang berkurang, itu bisa menjadi indikasi ketidakbahagiaan mereka. Mereka mungkin menjadi jauh secara emosional sehingga membuat Anda merasa terputus dan terisolasi.

3. Kehilangan minat

Ketika pasangan Anda kehilangan minat pada aktivitas atau hobi yang pernah mereka nikmati, itu mungkin merupakan tanda bahaya. Ketidaktertarikan secara tiba-tiba pada minat yang sama atau kurangnya antusiasme untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama dapat menunjukkan ketidakbahagiaan yang mendasarinya.

 

2 dari 2 halaman

4. Konflik terus-menerus

Argumen yang sering terjadi, ketidaksepakatan, dan konflik yang meningkat adalah tanda-tanda masalah yang belum terselesaikan dan ketidakpuasan dalam hubungan. Pasangan Anda mungkin lebih sering mengungkapkan frustrasi, lekas marah, atau kemarahan, yang menunjukkan ketidakbahagiaan mereka.

5. Kurangnya keintiman

Penurunan keintiman fisik, seperti berkurangnya kasih sayang, keintiman seksual, atau kedekatan secara keseluruhan, bisa menjadi indikasi bahwa pasangan Anda tidak bahagia. Ini mungkin mencerminkan keadaan emosi mereka dan kurangnya koneksi dalam hubungan.

6. Perubahan perilaku atau rutinitas

Perubahan nyata dalam perilaku pasangan Anda, seperti peningkatan kerahasiaan, perubahan mendadak dalam rutinitas, atau ketidakhadiran yang tidak dapat dijelaskan, mungkin menunjukkan ketidakbahagiaan. Perubahan ini dapat menandakan ketidakpuasan mendasar atau upaya untuk mencari kepuasan di tempat lain.

"Ingat, tanda-tanda ini dapat bervariasi dari orang ke orang dan tidak boleh dianggap sebagai bukti ketidakbahagiaan yang pasti. Sangat penting untuk mendekati tanda-tanda ini dengan empati, komunikasi terbuka, dan kemauan untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah apa pun dan meningkatkan hubungan," pungkas Kirti.