Sukses

Mengenal Lebih Dalam Tipe Kepribadian ENFP, Dari Kecocokan Karier Hingga Hubungan

Dari 16 tipe yang ada, salah satunya ada tipe kepribadian ENFP, yang merupakan singkatan dari Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving.

Liputan6.com, Jakarta Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan sebuah tes untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang. Hal itu menjadi sebuah informasi yang selanjutnya digunakan untuk lebih memahami kekuatan, kelemahan, dan motivasi pribadi seseorang.

Dari 16 tipe yang ada, salah satunya ada tipe kepribadian ENFP, yang merupakan singkatan dari Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving.

Jika termasuk dalam tipe kepribadian ENFP, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana dapat memanfaatkan informasi dari MBTI untuk memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan Anda.

Apa Tipe Kepribadian ENFP?

Dilansir dari Forbes, Kamis (22/6/2023), MBTI diciptakan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya Isabel Briggs Myers, yang mendasarkan karya mereka pada teori tipologi kepribadian Carl Jung. Mengetahui tipe kepribadian dimaksudkan untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang cara dan alasan Anda melakukan hal-hal tertentu, kata Angela Ficken, pekerja sosial dan psikoterapis klinis berlisensi independen yang berlokasi di Boston.

“MBTI bertujuan untuk membantu individu memperoleh kesadaran diri, meningkatkan komunikasi dan hubungan, serta membuat keputusan terkait karier yang lebih baik,” jelasnya.

Jenis MBTI Anda tidak boleh digunakan untuk tujuan perekrutan karena Ficken mencatat bahwa itu bukan alat yang divalidasi secara ilmiah untuk menilai kinerja pekerjaan atau memprediksi keberhasilan dalam peran tertentu. Dia mencatat bahwa itu juga tidak boleh digunakan sebagai cara untuk stereotip atau mengesampingkan orang.

Dia menambahkan, “MBTI tidak boleh membatasi individu untuk peran tertentu atau membatasi potensi mereka untuk tumbuh dan berubah. Sangat penting untuk menyadari bahwa kepribadian itu dinamis dan individu dapat mengembangkan keterampilan dan menyesuaikan perilaku mereka dari waktu ke waktu.”

Sementara itu, tipe kepribadian ENFP adalah singkatan dari Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving. Beberapa kata paling umum yang digunakan untuk mendeskripsikan ENFP adalah ramah, energik, kreatif, dan inovatif.

“ENFP dikenal karena sifatnya yang lincah dan ramah serta kemampuannya untuk terhubung dengan orang lain pada level yang dalam,” jelas Ficken. “Mereka sering digambarkan sebagai orang yang kreatif dan imajinatif, dengan bakat membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru.”

Sementara ENFP menyukai waktu menyendiri dan perlu diisi ulang, Ficken mencatat bahwa mereka juga sangat berkembang dalam interaksi sosial dan membangun hubungan dengan orang lain.

“Mereka sering tertarik pada tujuan yang selaras dengan nilai-nilainya dan keinginan kuat untuk memberi dampak positif pada dunia,” katanya. “Sementara mereka bisa spontan dan impulsif, ENFP juga memiliki intuisi tajam yang membantu mereka membuat keputusan cepat berdasarkan insting mereka,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakteristik Tipe Kepribadian ENFP

ENFP dikenal sebagai orang yang antusias, energik, dan kreatif. Mereka sangat perseptif dan ramah dan mampu terhubung dengan orang-orang di level yang dalam.

“ENFP dikenal karena kemampuannya untuk melihat kemungkinan dan membayangkan ide-ide baru, dan cenderung mudah beradaptasi dan fleksibel,” kata Ficken.

Energi seorang ENFP adalah sesuatu yang benar-benar dapat menular ke orang lain, menurut beberapa ahli. “Mereka sering disebut sebagai kepribadian 'Juara' karena tingkat antusiasme mereka yang tinggi, yang dapat menular, membantu orang lain tetap termotivasi selama minggu kerja yang panjang atau sesi olahraga yang panjang,” kata terapis perkawinan dan keluarga berlisensi Christian Glasgow.

Kekuatan dan kelemahan ENFP bervariasi berdasarkan individu, karakteristik umum dari tipe kepribadian ini juga termasuk yang berikut, menurut Ficken:

a. Antusias dan bersemangat

b. Kreatif dan imajinatif

c. Mampu terhubung dengan orang lain pada level yang dalam

d. Berpikiran terbuka dan mudah beradaptasi

e. Empati dan penyayang

f. Optimis dan menginspirasi

g. Termotivasi oleh rasa tujuan dan makna

h. Pemecah masalah

Beberapa kelemahan mereka yang menentukan, menurut Ficken, mungkin termasuk:

a. Mudah terganggu atau kewalahan oleh terlalu banyak pilihan atau peluang

b. Memerlukan bantuan untuk menindaklanjuti proyek atau komitmen jangka panjang karena suka mengeksplorasi kemungkinan baru setiap saat

c. Keragu-raguan

d. Menerima kritik secara pribadi dan kesulitan menerima umpan balik negatif

e. Berjuang untuk bertahan dengan rutinitas atau struktur karena mereka lebih suka mengikuti arus dan mengikuti naluri mereka

f. Bergumul dengan hal-hal praktis, seperti keuangan atau manajemen waktu, karena mereka cenderung terlalu fokus pada gambaran besar

 

3 dari 4 halaman

Karier untuk Tipe Kepribadian ENFP

ENFP, seperti tipe kepribadian lainnya, memiliki kekuatan khusus yang mungkin membuatnya lebih cocok untuk jenis karier tertentu. Jenis lingkungan kerja terbaik bagi mereka adalah yang mendorong mereka untuk memanfaatkan sisi kreatif mereka dan memungkinkan mereka untuk benar-benar bekerja dengan tim.

“Keinginan yang antusias, ingin tahu, dan sosial adalah alasan mengapa orang-orang ini berkembang dalam lingkungan seperti ini,” kata Glasgow.

Karena mereka suka membantu orang lain dan memberi pengaruh positif pada dunia di sekitar mereka, Ficken mengatakan mereka akan sangat cocok untuk karier berikut:

a. Konseling/terapi

b. Menulis/jurnalistik

c. Pengajaran

d. Pekerjaan sosial

e. Perencanaan acara

f. Pembinaan dan pengembangan

g. Panggilan agama

h. Keperawatan/pengobatan

i. Penjualan

Hubungan Romantis

ENFP tampaknya berkembang dalam hubungan romantis, terutama karena cara pengasuhan alaminya, Glasgow dan Ficken setuju. “Menjadi intuitif dan empati membantu tipe kepribadian ini berkembang dalam hubungan monogami,” kata Glasgow.

ENFP memiliki kemampuan untuk benar-benar terhubung dengan pasangannya dan kecenderungan untuk merawat, mendukung, dan menyemangati mereka. Dan karena mereka sangat kreatif dan mau mencoba hal-hal baru, hal ini dapat membuat waktu yang dihabiskan dengan tipe kepribadian ini menyenangkan dan mengasyikkan, tambah Ficken.

“Namun, mereka juga rentan terhadap pengambilan keputusan yang impulsif dan kadang berjuang dengan komitmen,” kata Ficken.

"ENFP mungkin cenderung mengidealkan pasangannya dan mungkin perlu bekerja untuk menerima kekurangan dan keterbatasan pasangannya." Yang mengatakan, ini tidak menentukan semua yang termasuk dalam tipe kepribadian ini. Banyak yang dapat mencintai dan bergairah, dan dapat dengan mudah mengembangkan ikatan dan hubungan dengan orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Hubungan Keluarga

ENFP ramah dan mudah bergaul, yang membuat mereka lebih cenderung memiliki banyak teman. Mereka suka menghabiskan waktu bersama orang lain dan berempati, menjadikan mereka pendengar dan penasihat yang hebat bagi teman, kata Ficken.

“Dalam hubungan keluarga, ENFP sering memprioritaskan menjaga hubungan yang kuat dengan orang yang mereka cintai dan menikmati menghabiskan waktu bersama anggota keluarga yang memiliki minat dan nilai yang sama,” tambah Ficken. “Mereka biasanya hangat, penuh kasih sayang dan mengasuh, dan sering membantu anggota keluarga yang membutuhkan.”

ENFP menyukai kemandirian mereka dan mungkin bergumul dengan anggota keluarga yang mengontrol, menuntut, atau memaksa, catat Ficken. Sementara banyak yang menikmati mengembangkan hubungan dekat dengan orang lain, seperti siapa pun, mereka tetap membutuhkan waktu sendirian.

Hubungan Kerja

ENFP memiliki antusiasme yang cukup dan dorongan untuk menjadi tambahan positif di hampir semua tempat kerja. “Mereka berkembang dalam lingkungan yang memungkinkan mereka menggunakan kreativitas dan imajinasi mereka untuk memecahkan masalah dan mengembangkan ide-ide baru,” kata Ficken. Mereka mungkin suka bekerja dalam tim dan dapat beradaptasi dengan situasi yang berbeda.

Namun, Ficken menunjukkan bahwa beberapa ENFP mungkin bergumul dengan tugas atau tempat kerja yang sangat terstruktur atau rutin.

Secara keseluruhan, ENFP dikenal ramah, ramah, kreatif, kolaboratif, dan positif. Mereka sering menjadi pemain tim yang hebat dan berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi orang-orang di sekitar mereka. “ENFP sering kali dipandu oleh nilai dan keinginan mereka untuk memengaruhi dunia secara positif, dan mereka sering kali dimotivasi oleh tujuan dan makna,” kata Ficken. “Mereka berpikiran terbuka, ingin tahu, dan senang mengeksplorasi ide dan perspektif baru.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.