Sukses

Hindari 3 Makanan Ini Jika Rambut Rontok Terus Menerus

Karena itu, beberapa ahli menyarankan untuk meminimalkan jenis makanan ini jika ingin memiliki rambut yang lebih sehat dan penuh.

Liputan6.com, Jakarta Penipisan rambut adalah bagian normal dari penuaan dan dapat disebabkan oleh banyak hal. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pola makan juga dapat memengaruhinya?

Karena itu, beberapa ahli menyarankan untuk meminimalkan jenis makanan ini jika ingin memiliki rambut yang lebih sehat dan penuh.

Secara khusus, mereka menyarankan untuk menghindari tiga jenis makanan olahan, yaitu makanan manis dengan karbohidrat olahan, daging merah, dan ikan laut besar.

Selain itu, mereka juga berbagi alternatif dan makanan yang terbukti membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini simak tips dan saran dari dokter kulit bersertifikat dan Direktur Medis MDhair Yoram Harth dan pakar rambut dan ahli kosmetik di The Right Hairstyles Ghanima Abdullah, seperti melansir She Finds, Kamis (3/8/2023).

1. Makanan Manis dan Karbohidrat Olahan

Sementara jenis makanan manis dan olahan ini tidak banyak membantu kesehatan secara keseluruhan, efek jangka panjang dari memakannya secara konsisten terutama dapat dikaitkan dengan kerontokan dan penipisan rambut, jelas Harth.

"Mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan dalam jumlah berlebih dapat merusak pertumbuhan kembali rambut dengan berbagai cara," katanya. Pertama, makanan manis dan karbohidrat olahan terbukti "meningkatkan peradangan, semakin meningkatkan kerontokan rambut".

Peningkatan kadar insulin yang disebabkan oleh makan makanan manis yang berlebihan, lanjutnya, juga dapat merusak pembuluh darah, mengurangi jumlah oksigen dan mikronutrien yang mencapai folikel rambut.

Selain itu, Harth menekankan untuk menghindari makanan dengan "pengawet, perasa buatan, dan pewarna makanan", karena meningkatkan radikal bebas di kulit kepala kita, menyebabkan "kerusakan pada folikel rambut dan mengurangi kerontokan rambut".

2. Daging Merah

Makanan lain yang biasanya dikaitkan dengan kerontokan rambut, penipisan, dan helai rambut yang lebih lemah adalah daging merah, kata Harth, terutama jika diproses dan/atau dipasangkan dengan makanan yang digoreng.

"Cobalah untuk mengurangi jumlah daging dan gorengan dalam makanan Anda," katanya, karena "makan daging merah dan gorengan dalam jumlah tinggi terbukti meningkatkan peradangan dan meningkatkan konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT)."

Hormon pria ini, tambahnya, terkait dengan kerontokan rambut androgenetik. Dan, daging merah juga terbukti memperburuk risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kolesterol dan menyumbat pembuluh darah Anda.

 

2 dari 2 halaman

3. Ikan Laut Besar

Merkuri, yang ditemukan dalam berbagai jenis ikan dan yang dikemas/diproses, sering dikaitkan dengan kerontokan rambut jika dimakan berlebihan, kata Harth. "Semakin besar ikannya, semakin tinggi kadar merkurinya," jelasnya.

Harth menyarankan untuk coba "menghindari atau mengurangi jumlah ikan seperti makarel, ikan todak, dan tuna" dalam diet jika Anda sudah mengalami kerontokan atau penipisan rambut.

"Pilihlah ikan yang rendah merkuri seperti cod dan salmon," sarannya. Salmon telah terbukti meningkatkan volume dan kilau rambut.

Saran

Seperti yang telah Anda pelajari sekarang, beberapa makanan jauh lebih baik daripada yang lain dalam hal kesehatan rambut. Abdullah menjelaskan pentingnya memusatkan diet pada sintesis keratin jika tujuan Anda adalah menumbuhkan rambut yang lebih kuat. "Tiga pilihan saya untuk meningkatkan sintesis keratin adalah telur, salmon, dan hati," katanya.

Ini, jelasnya, karena masing-masing termasuk dalam kategori biotin dan kaya protein. "Secara terpisah, biotin dan protein keduanya meningkatkan sintesis keratin dalam tubuh, jadi bersama-sama, keduanya meningkatkan kemungkinan memiliki rambut dan kuku yang lebih kuat," tambahnya.

Sesuatu yang perlu diingat jika Anda memiliki rambut yang menipis, catatnya, adalah bahwa makanan yang kaya biotin selalu merupakan cara yang tepat. "Alasan utama biotin bekerja sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku adalah karena membantu sintesis keratin," jelasnya.

"Pada dasarnya makanan apa pun yang mengandung biotin tinggi akan membantu memperkuat rambut dan kuku Anda," lanjutnya. "Pikirkan kuning telur, salmon, hati, polong-polongan, dan jamur jika Anda ingin meningkatkan asupan biotin harian Anda."

Abdullah melanjutkan, "Tubuh Anda juga akan menyerapnya lebih baik dari sumber makanan ini daripada dari vitamin harian yang mengandung biotin."

Dua jenis makanan lain yang dia sarankan untuk siapa pun yang berjuang melawan kerontokan rambut adalah makanan yang kaya protein atau sumber sistein yang baik.

"Ini sepertinya tidak perlu dipikirkan lagi, tetapi makan makanan kaya protein benar-benar membantu sintesis keratin," katanya. "Keratin adalah protein yang membentuk sebagian besar rambut dan kuku Anda, jadi mendapatkan lebih banyak dalam sistem tubuh Anda akan membantu menjaganya tetap kuat meskipun Anda sudah tua," jelasnya.

Dia menyarankan untuk makan lebih banyak "makanan kaya protein seperti yogurt, daging seperti ayam dan sapi, polong-polongan dan kacang-kacangan.

 

 

Video Terkini