Sukses

Apakah Perlu Mencuci Ayam Sebelum Memasaknya, Ini Penjelasannya

Bakteri ditemukan di wastafel 60% juru masak yang membilas atau mencuci ayam mentah sebagai bagian dari penelitian USDA tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari apa yang dikatakan oleh orang tua jika Anda tidak perlu membilas ayam mentah atau unggas atau daging lain sebelum menyiapkan dan memasaknya.

Faktanya, Departemen Pertanian AS dan para ahli keamanan pangan lain justru merekomendasikan agar Anda tidak melakukan hal ini. Inilah alasannya.

Melansir laman CNN, Jumat (14/2/2024), saat membilas ayam, bakteri seperti salmonella dapat berpindah melalui air ke permukaan dapur, yang menyebabkan potensi kontaminasi silang pada bahan makanan lainnya.

Bakteri ditemukan di wastafel 60% juru masak yang membilas atau mencuci ayam mentah sebagai bagian dari penelitian USDA tahun 2019.

"Anda tidak menyadari betapa banyak hal yang Anda semprotkan ke semua tempat," kata Shawn Matijevich, instruktur koki di Institute of Culinary Education di New York City. "Hanya butuh sedikit saja untuk bisa mengenai semuanya."

Dia mengingatkan bakteri tidak menyebar melalui udara, hanya melalui kontak permukaan. Maka cara terbaik adalah meminimalkan waktu Anda menyentuh unggas mentah atau meletakkannya di atas piring, peralatan makan, atau meja dapur.

Perihal informasi untuk membilas ayam dengan cuka, jus lemon, atau air garam untuk membunuh kuman telah dibantah oleh penelitian ilmiah. Metode-metode ini akan memberikan air garam pada ayam, tetapi tidak berpengaruh pada bakteri.

Memasak unggas dengan suhu internal yang direkomendasikan yaitu 165 derajat Fahrenheit adalah cara yang sangat mudah untuk memastikan Anda memenuhi standar keamanan makanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang dapat Anda lakukan selain membilas ayam?

"Gunakan tisu dapur, bahkan lebih banyak dari yang Anda kira dibutuhkan," kata Matijevich, dan tepuk-tepuk ayam hingga kering atau biarkan tisu dapur menyerap kelebihan cairan.

Bahkan jika Anda adalah tipe orang yang berusaha meminimalkan barang sekali pakai di dapur, tisu dapur akan meminimalkan kemungkinan penyebaran bakteri melalui kontak permukaan tambahan.

Buang tisu segera setelah digunakan. "Menepuk-nepuk ayam hingga kering dengan tisu dapat mengurangi cipratan air, tetapi ingatlah bahwa tisu tersebut mungkin sudah terkontaminasi patogen dan harus segera dibuang ke tempat sampah," ujar Donald Schaffner, Profesor dan ketua departemen ilmu pangan di Rutgers University di New Jersey.

Mengeringkan ayam - baik dengan kulit maupun tanpa kulit - sebelum dimasak juga membantu potongan-potongan ayam menjadi cokelat di dalam wajan atau oven.

"Terutama jika Anda memanggang ayam, Anda menginginkan kulit yang renyah," kata Matijevich, dan kelembapan adalah musuh kerenyahan. Metode tisu dapur juga dapat digunakan untuk ayam yang telah direndam atau diasinkan sebelum dimasak.

3 dari 3 halaman

Cara Meminimalkan Kontaminasi

Berikut adalah beberapa praktik terbaik tambahan untuk persiapan makanan untuk meminimalkan kontaminasi silang di dapur Anda.

  • Gunakan talenan khusus untuk unggas dan daging dan talenan lain untuk bahan makanan seperti sayuran dan keju.

Menggunakan talenan terpisah dapat menghilangkan risiko ini. "Jika talenan digunakan untuk menyiapkan unggas dan kemudian sayuran segar yang tidak akan dimasak, ayam dapat memindahkan bakteri ke talenan, yang kemudian akan mencemari sayuran segar," kata Schaffner.

  • Cuci tangan Anda dengan air panas dan sabun segera setelah memegang unggas mentah.

Saya melakukan ini di wastafel kosong agar tidak terciprat ke peralatan dapur lain yang mungkin perlu dicuci.Cuci semua benda yang telah bersentuhan dengan unggas mentah atau cairannya di mesin pencuci piring atau dengan air sabun panas.

  • Jangan gunakan kembali spons atau serbet yang telah digunakan untuk mencuci piring dan peralatan yang telah bersentuhan dengan cairan unggas mentah.

"Spons dapur dapat menjadi sumber kontaminasi silang. Jika digunakan untuk membersihkan jus unggas mentah, spons juga harus dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring dalam siklus sanitasi," kata Schaffner.

Cara membersihkan dan membersihkan wastafel

Meskipun air sabun yang panas dapat membersihkan piring dan permukaan, namun tidak dapat membersihkannya. Untuk memastikan Anda tidak meninggalkan bakteri di dapur, bersihkan wastafel, keran, dan meja dapur setelah menangani unggas atau daging.

Buatlah larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan ½ sendok teh pemutih cair dengan 2⅔ cangkir air dalam botol semprot, dan seka dengan tisu dapur atau handuk bersih yang dapat dicuci dengan air panas. Jika menggunakan semprotan atau tisu pembersih yang dibeli di toko, ikuti petunjuk dari produsennya.

Dengan meningkatnya risiko penyakit bawaan makanan sejak pandemi, menerapkan praktik terbaik di dapur Anda adalah salah satu cara termudah dan paling cerdas untuk melindungi diri Anda sambil tetap makan dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini