Sukses

Suksesor Mazda RX-8 Menetas pada 2017

Output tenaga yang dihasilkan oleh suksesor RX-8 ini sebesar 300 HP.

Liputan6.com, Tokyo - Mazda saat ini sedang sibuk mengembangkan mesin rotari untuk digunakan pada suksesor dari RX-8. Pihak Mazda mengatakan kalau mesin tersebut lebih besar dan bertenaga dari milik MX-5 saat ini.

Melansir laman Autoexpress, yang ditulis Minggu (15/6/2014), suksesor dari RX-8 ini akan diperkenalkan pada 2017 mendatang yang sekaligus memperingati 50 tahun lahirnya Cosmo Sport, sportcar pertama Mazda yang mengusung mesin rotari dari Wankel.

Insinyur Mazda akan menggarap teknologi Skyactiv terbaru untuk mengatasi kekurangan yang melekat pada mesin Wankel yaitu konsumsi bahan bakar yang tinggi dan torsi yang rendah bila tidak menggukakan turbocharger.

Teknologi Skyactiv ini akan berfokus pada rekayasa rasio kompresi mesin yang tinggi untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar seperti yang digunakan pada Mazda3 dan Mazda6 saat ini.

Mazda RX-8 saat ini memiliki output tenaga sebesar 238 horse power (HP). Nantinya output tenaga yang dihasilkan oleh suksesor RX-8 akan melonjak menjadi sebesar 300 HP.

Sementara itu pada desainnya, sportcar ini akan mengusung model coupe seperti RX-7 namun berdimensi kompak. Hal ini bertujuan untuk memangkas bobot pada kendaraan.

Untuk mengatasi output tenaga yang besar, Mazda akan memakai platform penggerak roda belakang yang dimiliki oleh MX-5 sebagai penggerak dari suksesor RX-8. Sementara itu pihak Mazda mengonfirmasi kalau sportcar tersebut akan mendapatkan dua pilihan transmisi yaitu transmisi manual enam percepatan atau otomatis lima percepatan.

Mazda RX-8 sendiri sebenarnya telah pensiun sejak tahun 2010 lalu namun namanya tetap populer di berbagai belahan dunia hingga saat ini. Calon penerus Mazda RX-8 ini nantinya diharapkan dapat menyaingi popularitas dan kemampuan dari Toyota 86 saat ini. (Ysp/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini