Sukses

Pasca Mudik, Jangan Lupa Lakukan Hal Berikut!

Sepulangnya dari kampung halaman, baiknya Anda melakukan beberapa pengecekan agar kendaraan kembali dalam kondisi prima.

Liputan6.com, Jakarta - Pengecekan kendaraan secara menyeluruh seyogyanya tak hanya dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik. Sepulangnya dari kampung halaman, baiknya Anda turut melakukan beberapa pengecekan agar kendaraan dipastikan tetap dalam kondisi prima untuk digunakan sehari-hari.

Menurut Andi Suhaiji, anggota komunitas 4x4 asal Sukabumi, Jawa Barat, yang juga seorang teknisi beberapa komponen perlu diperiksa ulang setelah kembali dari perjalanan mudik.

Dia menguraikan, kondisi seperti oli, filter oli dan air radiator harus tetap berada dalam kondisi baik. Sebab menurutnya, ketika kendaraan dipakai untuk perjalan jauh, volume dari komponen tersebut tak menutup kemungkinan turut berkurang.

"Pastinya, ketika habis digunakan jalan jauh harus diganti atau ditambahkan bila perlu," ujarnya kepada Liputan6.com, pada Senin (4/8/2014).

Tak hanya itu, ia juga menganjurkan pemudik melakukan pemeriksaan kembali pada roda dan ban serta baut-baut yang kemungkinan kendor. Apabila terlihat indikasi suara atau kerja mesin yang tak wajar, Andi menyarakan agar para pemilik segera membawa kendaraannya ke bengkel terdekat.

Namun, yang tak kalah penting, lanjutnya, jangan lupa langsung membersihkan mobil, baik itu bagian ekterior maupun interior. Tujuannya agar kendaraan dapat kembali nyaman dikendarai.

"Kalau mobil yang digunakan mudik biasa diandalkan untuk kegiatan harian. Setalah mudik cuci dan bersihkan seluruh kotoran agar nyaman kembali ketika beraktivitas nantinya," pungkas pria berkumis itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini