Sukses

Dinanti, Debut Kendaraan Berbahan Bakar Hidrogen

Guna menyaingi Toyota FCV, BMW dikabarkan segera melepas kendaraan yang juga berbahan bakar hidrogen.

Liputan6.com, Munchen - Mengikuti jejak Toyota yang segera melepas mobil berbahan bakar fuel cell (hidrogen), kini giliran pabrikan lain dari benua biru yang turut merealisasikan hal serupa.

Untuk menyaingi Toyota FCV, sebagaimana dilansir dari Motoring, Senin (4/8/2014), BMW akan segera memperkenalkan kendaraan hidrogen mereka. Kabarnya, mobil tersebut akan mengambil desain dari model i3.

Namun, tak seperti Toyota FCV yang memulai debutnya tahun depan, BMW i3 baru akan mulai menyapa pasar pada 2016 nanti. Sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut perihal spesifikasi teknis lengkap dari mobil berbahan bakar hidrogen tersebut.

Sementara itu, Toyota FCV dijanjikan raksasa Jepang tersebut mampu berbicara banyak. Mobil ini sanggup berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 10 detik. Sekali pengisian penuh, FCV mampu berjalan sejauh 482 km.

Untuk diketahui, hidrogen merupakan bahan bakar alternatif yang bisa diperoleh dari pelbagai sumber energi, termasuk tenaga surya dan angin. Ketika dikompresi, energi ini memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada baterai.

Adapun, bahan bakar hidrogen memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya adalah emisi ringan yang hanya berupa uap air dari proses reaksi antara hidrogen dan oksigen.

Dalam sebuah pengujian, Toyota FCV bahkan bisa berjalan sejauh 700 km dengan tangki hidrogen terisi penuh. Toyota mengklaim, mobil dengan bahan bakar hidrogen terbukti makin ramah lingkungan dibanding sumber energi lain yang digunakan di mobil modern saat ini.

Video Terkini