Sukses

Bus Seharga Rp 250 Jutaan dari Haka Force di IIMS 2014

Untuk bermain di kelas tersebut, bus Haka Force mengandalkan aspek ekonomis.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 bukan sekedar garapan para brand otomotif ternama, tapi juga pabrikan pendatang baru yang melakoni debutnya di dalam negeri. Inilah yang turut dilakoni PT Haka Motors (HM) yang membawa brand Haka Force, sebuah penyedia kendaraan niaga asal India. Untuk bermain di kelas tersebut, pabrikan hadir dengan mengendepankan aspek ekonomis.

Presiden Direktur PT HM, Halim Kalla, menuturkan, Haka Force hadir untuk menjawab kebutuhan transportasi di sektor logistik, pariwisata, dan perkantoran.

"Kami punya Traveller yang belum lama ini telah diuji jalan. Hasilnya sangat bagus dan nyaman. Berbeda dengan produk serupa di kelasnya," terang pria yang juga adik kandung dari Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla itu.

Pria yang karib disapa Pak Halim itu menjelaskan, kendaraan Haka Force dibekali dengan mesin berlisensi Mercedes Benz dan hadir dengan bodi monokok. Dia mengklaim, seluruh line-up tidak hanya memiliki dimensi yang lega dan nyaman, tapi juga ekonomis.



Meski kendaraan tersebut masih berstatus Complete Knocked Down (CKD), Halim yakin Haka Force akan diproduksi di dalam negeri. "Sekarang pesanan sudah mencapai 100 unit. Kalau tembus 1.000 kita produksi di sini," imbuh dia.



Traveller

Di area Outdoor IIMS 2014, Halim menjelaskan salah satu produk yang menjadi unggulan adalan Traveller dengan 22 kursi penumpang. Mobil ini, katanya, telah didukung teknologi Advanced Common Rail Engina dari Mercedes Benz AG Germany.



Dia mengklaim, Traveller merupakan satu-satunya kendaraan monokok di dunia yang memiliki kapasitas 22 kursi penumpang dengan beban bodi hampir satu ton yang menjadikannya lebih ringak di kelasnya.

"Interior bodinya juga lampang dengan format tempat duduk 2x2. Bahkan kita bisa berdiri di dalam, orang dengan tinggi 180 sentimeter juga masih bisa berdiri di dalam," paparnya.

Menyoal sepsifikasi, kendaraan duikemas mesin diesel empat silinder 16 katup berkapasitas 2,1 liter yang mampu menyemburkan tenaga 129 PS pada 3.800 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.600-2.400 rpm.

Untuk urusan dimensi Traveller memiliki panjang 7.770 mm, lebar 2.22h mm, tinggi 2.670 mm, dan jarak sumbu roda 4.020 mm.

Traveller turut dikemas dengan suspensi depan dan berlakang berbasis semiellitic leaf spring, shock absorber hydroscopic double scting, dan antiroll barr.

Di IIMS 2014, PT Haka Motors menyediakan tiga varian, yakni Traveller Shaktiman dengan banderol Rp 250 juta, Traveller 17 kursi Rp 350 juta, dan Traveller 22 kursi Rp 450 juta.

"Sejauh ini kami telah bukukan 100 pesanan. Dan dalam tiga bulan ke depan sudah dapat didistribusikan,"pungkas Halim. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini