Sukses

Remaja Atau Dewasa, Siapa yang Paling Berisiko Kecelakaan?

Pengemudi paruh baya memiliki fokus lebih rendah dan kurang dapat multitasking.

Liputan6.com, London - Berkirim pesan singkat saat mengemudi adalah suatu hal yang amat berbahaya. Hal ini disebabkan karena fokus yang dibutuhkan saat berkendara menjadi terbagi karena menjawab pesan singkat.

Seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (26/12/2014), menurut studi yang dilakukan oleh Wayne State University di Detroit, pengemudi dengan usia paruh baya memiliki resiko kecelakaan empat kali lebih tinggi akibat berkirim pesan singkat saat mengemudi.

Fakta ini berasal dari penelitian yang melibatkan pengemudi berusia antara 45 sampai dengan 59 tahun yang diminta untuk berkirim pesan singkat sambil mengemudi melalui simulator.

Pada saat simulasi, para pengemudi ini kerap berpindah jalur secara tak disadari oleh mereka ketika membalas pesan singkat menggunakan ponsel. Jumlah ini mencapai empat kali lipat yang dialami oleh pengemudi dengan usia 18 sampai 24 tahun dengan kasus yang sama.

"Secara umum, banyak orang mempercayai jika konsentrasi para pengemudi usia muda lebih mudah terganggu dan memiliki tingkat resiko lebih tinggi saat berkirim pesan singkat," papar Randall Commissaris, Profesor ilmu farmasi Wayne State University.

Lebih lanjut, Randall memaparkan jika para pengemudi usia muda malah sebenarnya tidak terlalu terganggu fokusnya ketika mengemudi sambil berkirim pesan singkat. Bahkan, kinerja para pengemudi dengan usia paruh baya akan jauh lebih terganggu dan beresiko lebih besar saat membalas pesan singkat sambil mengemudi.

Tingginya resiko kecelakaan tersebut dikarenakan para pengemudi paruh baya menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat ponsel mereka ketika berkirim pesan singkat sembari mengemudi.

"Waktu yang dihabiskan oleh para pengemudi paruh baya ataupun pengemudi muda bisa jadi sama. Meskipun begitu, pada pengemudi paruh baya kurang memiliki kemampuan kognitif untuk multitasking kedua hal tersebut sehingga memiliki resiko lebih besar," tuntasnya.