Sukses

Harga Mobil Berbahan Bakar Hidrogen dari Hyundai Terungkap

Harga mobil hidrogen seharga Rp 1 miliar. Itupun sudah disubsidi oleh pemerintah Inggris.

Liputan6.com, London - Sejak 2013, Hyundai mencoba membuktikan komitmennya untuk merawat lingkungan dengan menciptakan mobil berbahan bakar hidrogen bernama ix35. Baru-baru ini, Hyundai mengumumkan harga mobil yang menghasilkan emisi berupa uap air tersebut.

Melansir Arnold Clark, Senin (18/5/2015), Hyundai membanderol mobil hidrogen ix35 dengan harga £ 53.105 atau sekira Rp 1 miliar (Kurs: Rp 20.614/£). Mobil ini pertama kali akan dijual di Inggris karena pemerintahnya sangat mendukung Hyundai.

Meskipun sangat mahal, harga tersebut sebetulnya telah disubsidi oleh pemerintah Inggris. Awalnya, Hyudai mematok harga asli sebesar £ 67.985 atau sekira Rp 1,4 miliar. Artinya, pemerintah Inggris mensubsidi sekira Rp 400 juta per unit.

Pemerintah Inggris juga membantu dalam hal lain, misalnya pengadaan stasiun bahan bakar. Sampai saat ini, pemerintah Inggris melalui HyFive Project akan terus membangun stasiun bahan bakar hidrogen yang saat ini baru ada 13 di seluruh Inggris.

Hyundai ix35 akan menjadi kendaraan operasinal sejumlah organisasi, di antaranya Air Products, ITM Power, Johnson Matthey, dan sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab terhadap sistem transportasi, Transport for London.

Untuk diketahui Hyundai ix35 Fuel Cell SUV memiliki tenaga 127 Tk yang berasal dari motor listrik. Dua tangki bahan bakar hidrogen dapat menempuh total perjalanan sejauh 594 km. Seperti mobil listrik, tingkat kebisingan Hyundai ix35 hampir mendekati nol.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini