Sukses

Berdirikan Wiper Mobil, Perlu atau Tidak?

Hal ini sangat baik untuk menjaga karet pada wiper tetap dalam kondisi prima.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu Anda sering melihat wiper mobil yang terparkir di lapangan terbuka didirikan pemiliknya. Menurut Andre Ciu, Direktur Trans Oto Internasional, hal ini sangat baik untuk menjaga karet pada wiper tetap dalam kondisi prima.

"Mobil yang terparkir di luar ruangan dalam waktu lama membuat karet wiper jadi cepat getas," katanya. Bila getas, lanjut Andre, otomatis akan memengaruhi performa dari wiper.

Selain mengangkat wiper, cara lain yang dapat dilakukan adalah melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, baik dengan koran atau pelapis lainnya. Meskipun manfaatnya sama, tetapi ada keuntungan lain yang didapat dari cara ini.

Perlu diperhatikan, terlalu sering mengangkat wiper dapat membuat pegasnya lebih cepat rusak. Maka, meskipun cukup repot dibanding hanya mengangkat wiper, cara kedua ini lebih baik dibanding cara pertama.

Tentu, parkir idealnya dilakukan di area yang terlindungi dari sinar matahari. Tetapi, hal tersebut tentu tidak bisa tiap saat dilakukan. Mengetahui apa yang harus dilakukan seperti mengangkat wiper membantu jaga mobil tetap terawat.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.