Sukses

Mobil Ini Sangat Pas untuk Konsumen Indonesia

Low MPV jadi 'juara' karena budaya masyarakat Indonesia yang suka berkumpul.

Liputan6.com, Sentul - Kendaraan roda empat di segmen low MPV adalah model yang terlaris di Tanah Air. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mencatat, hingga Juli 2015 pasar ini telah menjual 137.406 unit kendaraan di pasar otomotif Tanah Air.

Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya pandangan sendiri terkait hal ini. Menurutnya, low MPV jadi 'juara' karena budaya masyarakat Indonesia yang suka berkumpul.

"Low MPV itu kan seven seater, bisa angkut banyak orang. Sementara kalau budaya orang Indonesia itu 'makan tidak makan kumpul', itu jadi cocok," ujar Davy, di kawasan Sentul, Sabtu (8/11/2015).

Davy menjelaskan, sebetulnya bukan faktor segmennya itu sendiri yang membuat masyarakat menyukainya, melainkan lebih kepada 7 kursi. "Jadi bukan low MPV-nya, tapi 7 seater-nya," jelasnya.

Apalagi, terang Davy, low MPV harganya berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. "Mobil dengan rentang harga itulah yang laris, dan low MPV ada di dalamnya," imbuhnya.

Karena faktor-faktor tersebut, Davy memprediksi bahwa segmen low MPV akan terus laris dalam jangka waktu yang panjang. "Kecuali kalau memang budaya berkumpul masyarakat itu sudah hilang. Dan kami tidak ingin hal itu terjadi," tutupnya. 

(rio/gst)