Sukses

Fitur Paddle Shift Jadi Kebutuhan, Ini Buktinya

Paddle shift kini sudah menjadi fitur bawaan di sejumlah mobil yang dipasarkan ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Paddle shift kini sudah menjadi fitur bawaan di sejumlah mobil yang dipasarkan ke Indonesia. Sebagaimana kita tahu, fungsi ini memungkinkan pengendara memindahkan transmisi hanya melalui ujung jari.

Meski paddle shift hanya terbatas di sejumlah model tertentu biasanya mobil sport, sejumlah pabrikan mulai menyediakan fitur tersebut sebagai opsional.

Sebuah polling yang diadakan Otomotif Liputan6.com memperlihatkan bahwa konsumen mulai melihat adanya paddle shift sebagai kebutuhan.

Terbukti, dari 140 pemilih, sebanyak 69 persen di antaranya merasa perlu menyematkan paddle shift di mobil. Sedangkan sisanya, yakni 31 persen menganggap belum perlu menggunakan fitur tersebut.

Dikutip dari Oto.com, paddle shift merupakan teknologi yang diambil dari balap F1 ke mobil harian.

Tuas terletak tepat di belakang lingkar kemudi. Insinyur F1 menggunakan ini di jet darat tersebut tentu lebih fungsional, agar pebalap mudah memindahkan posisi gigi tanpa perlu melakukan banyak gerakan.

Selain itu, dengan paddle shift juga memungkinkan mereka untuk memaksimalisasi kokpitnya. Honda Jazz, Mazda2 GT,  dan all new Mitsubishi Pajero Sport, adalah beberapa mobil yang menggunakan fitur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.