Sukses

Mau Beli Mobil Seken Buat Mudik, Perhatikan Hal Berikut

Salah satu cara membeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan kondisi mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil bekas untuk mudik lebaran kerap menjadi pilihan konsumen. Hanya saja, untuk membeli mobil untuk mudik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih detail.

Pasalnya, jika memilih mobil secara sembarangan bukan tak mungkin akan berakhir menyesal. Belum lagi, waktu yang mepet karena berdekatan dengan waktu mudik.

Oleh karena itu, situs mobil bekas Mobil88, memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas, antara lain:

Kondisi mobil

Pastikan mobil bekas yang akan dibeli terjamin kualitasnya dari aspek eksterior, interior, mesin dan lain-lain. Tak perlu ragu untuk minta riwayat mobil, kemudian periksa apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan sampai merusak rangka dan cek apakah perawatan berkalanya rutin dilakukan.

Salah satu contoh mobil bekas tabrakan antara lain, antara lain memiliki kondisi pintu yang tidak proporsional. Selain kondisi pintu, bisa juga memperhatikan goresan, lecet, atau permukaan bodi mobil tidak rata.

Cek riwayat servis mobil. Sebab, jika mobil rutin servis berkala maka performa akan lebih baik.

Jika terkena banjir, maka cara pengecekannya bisa diperhatikan pada jok mobil, apakah terdapat noda bekas atau tidak. Sebab, noda bekas banjir sulit untuk dihilangkan. 

Selain itu, mobil terkena banjir biasanya memiliki bau yang berbeda seperti bau apek yang cukup khas dan kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelengkapan dokumen

Selanjutnya, cek kelengkapan dan keaslian dokumen. Untuk memeriksanya, pastikan nomor rangka dan nomor mesin pada mobil sama dengan yang tercantum pada STNK dan BPKB. 

Setelah itu, bisa juga meminjam dokumen untuk dibawa ke samsat tempat mobil terdaftar untuk diperiksa statusnya. Dokumen yang lengkap dan asli akan memastikan kekuatan hukum terkait proses kepemilikan mobil supaya tidak tersangkut masalah saat proses balik nama dan lain-lain.

Layanan after-sales

Membeli mobil bekas bukan berarti tidak bisa mendapatkan layanan after-sales. Layanan ini bisa dinikmati jika membeli mobil di showroom mobil seken terpercaya.

Khusus pembelian di Mobil88, maka konsumen akan diuntungkan dengan dua kali free service selama satu tahun. Konsumen akan memperoleh servis yang meliputi penggantian gasket oli, saringan oli mesin, busi, saringan udara, oli mesin, dan lainnya. Selain itu, ada juga menawarkan free insurance  dan free car detailing.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini