Sukses

Tiga Hal Ini Bikin Perjalanan Mudik Aman Terkendali

Tips agar perjalanan mudik Anda aman terkendali, lakukan tiga hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah upaya untuk meminimalkan potensi kecelakaan saat mudik, telah dilakukan dan disosialisasikan pada masyarakat baik dari kepolisian ataupun dari kementerian kesehatan.

Menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, ada tiga hal yang harus diperhatikan para pemudik agar bisa mudik dengan aman.

"Tips aman saat mengendarai kendaraan bermotor, yang pertama, tentu kondisi badan harus dalam keadaan prima, tidak boleh sakit, lelah, ngantuk dan sebagainya. Kalau capek, harus istirahat," kata Budiyanto saat dihubungi Liputan6.com.

Kedua, terkait kelaikan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.

Tak hanya kesehatan si pengemudinya yang diperiksa, tapi kesehatan kendaraan juga perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Kendaraan dicek sebelum berangkat. Masalah teknis seperti oli, air radiator, rem, klakson, lampu utama dan lampu sen, segalanya periksa dulu," ujarnya.

Selain itu, hal ketiga yang harus dilakukan pemudik selama berkendara ialah siap untuk mematuhi peraturan yang ada selama perjalanan.

"Patuhi peraturan perundangan yang berlaku termasuk mematuhi perintah-perintah petugas dan rambu-rambu lalu lintas. Kalau tiga hal ini dilakukan, Inshaa Allah, aman terkendali," tutup Budiyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini