Sukses

Hasil Mengecewakan Penantang Suzuki Ertiga Saat Uji Tabrak

Tingkat keamanan sebuah mobil bisa diketahui melalui uji tabrak.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat keamanan sebuah mobil bisa diketahui melalui uji tabrak. Tidak sembarangan, uji tabrak inipun dilakukan dengan standar keselamatan yang telah ditetapkan.

Salah satu mobil baru yang melakukan uji tabrak adalah Renault Lodgy. Sayangnya, penantang Suzuki Ertiga dan Honda BR-V ini tak seaman yang dipikirkan.

Untuk mendapatkan rating 1-bintang saja tak mampu. Setelah disiksa habis-habisan dalam uji tabrak, Lodgy tak mendapatkan rating apapun, artinya 0-bintang untuk kategori adult occupant protection (AOP) dari Global NCAP.

Hasil ini karena Lodgy tak dilengkapi dengan airbag, sebagai fitur standar keselamatan. Sehingga boneka (pengganti manusia) yang dipakai uji tabrak pun tak bisa terlindungi. Bagian kepala dan dada bisa berbenturan dengan setir.

Struktur mobil pun tak stabil saat diuji, dengan deformasi bahkan di pintu belakang dan pecah di daerah footwell selama tabrakan itu.

Sementara kategori child ocupant protector, Lodgy hanya mendapatkan 2-bintang. Hal ini lantaran kursi anak usia 3 tahun dipasang FWF dengan sabuk pengaman dewasa yang tak bisa mencegah gerakan maju saat terjadi benturan. Sehingga kepala boneka pun tak bisa terlindungi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sedangkan anak usia 18 bulan, dipasangi sabuk RWF yang menunjukkan perlindungan yang baik untuk kepala dan dada.

"Renault Lodgy mendapatkan 0-bintang, ini sangat mengecewakan. Global NCAP berharap Renault belajar dari pengalaman sulit yang mereka miliki dengan Kwid. Kini saatnya Renault membuat standar airbag depan untuk semua model mereka di India," ujar Sekretaris Umum Global NCAP, David Ward.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini