Sukses

5 Motor Berfitur Smartkey yang Ada di Indonesia

Smartkey jadi andalan motor modern. Sebenarnya teknologi smartkey atau keyless merupakan barang lama di industri otomotif, tapi di dunia motor Tanah Air, menjadi fitur baru.

Liputan6.com, Jakarta Smartkey jadi andalan motor modern. Sebenarnya teknologi smartkey atau keyless merupakan barang lama di industri otomotif, tapi di dunia motor Tanah Air, menjadi fitur baru.

Smartkey mampu meningkatkan kepraktisan penggunanya, karena tidak perlu lagi menggunakan anak kunci. Sekaligus juga meningkatkan keamanan dan menghindar dari tindakan pencurian. Bagaimana tidak, perangkat itu bisa dikombinasi dengan beragam fitur seperti immobilizer, answer back system dan auto lock sekalipun. Nah, berikut motor-motor berteknologi smartkey yang meluncur sepanjang 2018.

1. Yamaha FreeGo

Walau tak masuk keluarga Maxi, Freego menyuguhkan berbagai keunggulan yang mampu membuat konsumen meliriknya. Di kasta skutik non Maxi, FreeGo menempati posisi pertama lantaran fiturnya paling lengkap.

Diluncurkan saat pameran kendaraan roda dua Oktober lalu, motor ini sudah dibekali smart key. Tetapi, teknologi ini hanya tersedia pada varian S dan S ABS. Mengusung mesin 125cc, harga yang ditawarkan Rp 19,7 juta untuk S dan Rp 22,5 juta (OTR DKI Jakarta) versi S ABS.

Konsumen pun disodori kemampuan daya dorong maksimum 9,5 PS pada 8.000 rpm dan momen puntir 9,5 Nm di 5.500 rpm. Yang menarik, dari semua lini Yamaha, FreeGo punya letak tangki bahan bakar yang unik. Posisinya di lantai deck depan, bukan di bawah jok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Yamaha Lexi S ABS

Lexi S ABS diluncurkan tak lama setelah FreeGo dipasarkan. Kehadirannya seolah menjawab keinginan pasar yang meminta Lexi agar disenjatai fitur anti-lock braking system (ABS). Di dalamnya tetap dilengkapi beragam fasilitas, salah satunya smartkey.

Skutik yang menjadi bagian keluarga Maxi Yamaha ini dibanderol Rp 25,8 juta (OTR), terpaut Rp 3,3 juta dari FreeGo S ABS. Meski kebanyakan fiturnya sama, tapi performanya berbeda. Soalnya Lexi sudah mengusung teknologi variable valves actuation (VVA) dan berpendingin cairan. Output-nya lebih besar, 11,9 PS pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm.

3 dari 5 halaman

3. Honda PCX Hybrid

PT Astra Honda Motor tak pernah berhenti menggoda konsumen. Bila sebelumnya penggemar skutik premium disuguhi PCX terbaru yang lebih stylish, tak lama setelahnya muncul versi hybrid. Penggunaan dua mesin penggerak membuatnya lebih ramah lingkungan dan semakin hemat mengonsumsi bahan bakar.

Tidak ketinggalan fitur smartkey yang sudah dilengkapi answer back system, pengendara dimudahkan saat mencari tungganganya di parkiran. Diperkenalkan melalui gelaran otomotif April lalu, PCX Hybrid memanfaatkan unit pembakaran konvensional berkubikasi 149,3 cc dengan output daya 14,7 PS dan torsi 13,2 Nm. Sedangkan motor listrik yang berfungsi sebagai pembantu akselerasi mempunyai kekuatan sebesar 1,9 ps di 3.000 rpm dan momen puntir 4,3 Nm pada putaran yang sama. Banderolnya Rp 40,3 juta (OTR).

4 dari 5 halaman

4. Suzuki GSX-R150 ABS

Suzuki Indonesia memberi konsumen pilihan lebih variatif untuk lini motor fairing andalannya, GSX-R150. Yang terbaru kini pakai ABS. Sebenarnya GSX-R150 berteknologi bukan barang baru. Suzuki telah lama memiliki produk itu, namun unitnya tidak ditujukan untuk pasar domestik, melainkan ekspor khususnya ke Eropa.

Karena banyaknya pelanggan yang menginginkan penambahan ABS, maka jadilah Suzuki menjualnya di Tanah Air. Basis yang digunakan adalah GSX-R150 keyless ignition system. Makanya harga naik Rp 3 juta dari versi berteknologi smart key menjadi Rp 33,150 juta (OTR DKI Jakarta).

5 dari 5 halaman

5. Kawasaki Ninja 250 MY 2019

Ninja 250 model terbaru yang dirilis Kawasaki belum lama ini akhirnya mempunyai smart key. Namun, teknologinya punya nama berbeda, Kawasaki's Intelligent Proximity Activation Start System (KIPASS). Ia memungkinkan pengguna mengaktifkan saklar motor tanpa harus mencolok dan memutar kunci.

Fitur itu sudah hadir sebelumnya di produk Kawasaki 1400GTR/Concours 14, menjadikannya yang pertama di kelasnya. Terdapat tiga tipe yang disenjatai KIPASS : 250 SE MDP (Magnetic Design Painting), 250 ABS SE dan 250 ABS SE MDP. Sedangkan harga yang disodorkan: Rp 66,9 juta untuk Ninja 250 SE MDP, Rp 74,1 juta varian 250 ABS SE dan 250 ABS SE MDP Rp 74,6 juta (OTR Jadetabek).

 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini