Sukses

Cara Mudah Supaya Mobil Matik Enggak Boros BBM

Asumsi mobil bertransmisi matik lebih boros bahan bakar minyak (BBM) dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual masih dipercaya hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Asumsi mobil bertransmisi matik lebih boros dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual masih dipercaya hingga saat ini. Sehingga, pemilik dinilai harus bersiap-siap dengan dana yang lebih besar apabila memilih mobil bertransmisi matik.

Seperti disitat dari situs resmi Suzuki, Rabu (6/2/2019), terdapat beberapa cara agar pemilik bisa lebih menghemat bahan bakar apabila menggunakan mobil matik.

Hal utama yang harus diperhatikan pengendara ialah teknik berkendara. Beberapa pengendara tidak memperhatikan dengan baik teknik atau cara saat menekan pedal gas dan rem, sehingga berimbas pada borosnya bahan bakar.

Berikut cara mudah menghemat bahan bakar mobil matik:

1. Pastikan Kecepatan Tetap Konstan

Tubuh yang terus bergerak, pasti membutuhkan energi lebih banyak. Hal itu sama dengan mobil, jika pengendara berakselerasi semakin cepat maka mesin akan bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak.

Usahakan jangan terlalu sering memakai rem jika tidak perlu, jagalah kecepatan mobil agar tetap konstan, sehingga mesin bekerja lebih stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

2. Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem

Jangan terlalu sering menginjak pedal rem. Karena terlalu sering menginjak pedal rem juga akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar.

3. Pastikan Tekanan Ban Cukup

Setiap ban memiliki porsinya tersendiri dan berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Ban yang memiliki tekanan kurang dari standar yang ditetapkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga berisiko menyedot bahan bakar lebih banyak.

4. Jaga Emosi Ketika Berkendara

Berkendara agresif seperti berakselerasi sangat cepat dan melakukan pengereman mendadak bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Jaga emosi saat berkendara dan berakselerasilah secukupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini