Sukses

Jangan Asal, Menyalip Kendaraan Juga Memerlukan Teknik Khusus

Saat berkendara dengan kendaraan bermotor, pengendara biasanya akan menyalip kendaraan lain yang melaju dengan kecepatan lebih rendah. Meski hal tersebut biasa terjadi, pengendara juga perlu memahami teknik menyalip agar tak terjadi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta Saat berkendara dengan kendaraan bermotor, pengendara biasanya akan menyalip kendaraan lain yang melaju dengan kecepatan lebih rendah. Meski hal tersebut biasa terjadi, pengendara juga perlu memahami teknik menyalip agar tak terjadi kecelakaan.

Terdapat beberapa hal, yang perlu diperhatikan, salah satunya membunyikan klakson untuk memberi peringatan kepada kendaraan lain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut lima hal yang perlu diperhatikan saat menyalip kendaraan lain di jalan raya seperti dilansir Wahana Honda, Minggu (20/9/2020).

1. Hindari Menyalip dari Sebelah Kiri

Teknik pertama yang harus dipahami adalah, jangan sekali-kali menyalip kendaraan lain dari sisi kiri. Jalur kiri diperuntukkan bagi mereka yang berkendara dengan kecepatan lambat.

Selain itu, sisi kiri juga identik dengan blind spot atau area yang tak terjangkau oleh penglihatan pengemudi. Tak heran, seringkali kecelakaan lalu lintas terjadi karena seseorang yang menyalip atau mendahului kendaraan lain dari jalur kiri.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan Klakson Saat akan Menyalip Kendaraan Lain

Selanjutnya, gunakan klakson untuk memberitahu saat akan mendahuluinya. Dengan klakson, pengendara juga bisa memastikan kendaraan yang didahului agak menepi sesaat setelah Anda memberitahu. Dengan demikian, jalur depan terbuka sedikit lebih luas untuk mendahuluinya.

3. Pertahankan Posisi Kendaraan

Saat akan menyalip, kendaraan Anda tentu harus memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Nah, untuk itu Anda harus bisa mempertahankan posisi kendaraan sekaligus menjaga kestabilan saat berkendara dengan kecepatan lebih tinggi.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

4. Perhatikan Kondisi Jalanan di Depan

Jika Anda menggunakan motor dan akan menyalip sebuah mobil atau truk. Pastikan sudah memperhatikan bagaimana kondisi jalanan di depan truk atau mobil tersebut. Apakah padat atau cukup luang untuk Anda mengambil alih posisi berada di depannya.

Memperhatikan kondisi penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Selain memperhatikan kondisi jalanan di depan, Anda juga harus tetap menjaga jarak agar tidak terserempet.

4 dari 5 halaman

5. Perkirakan Waktu yang Tepat

Saat akan menyalip, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya. Jangan sampai salah perhitungan karena dapat menyebabkan kejadian fatal. Tak hanya itu, pengendara juga harus memperhatikan lampu belakang kendaraan di depan.

Jika lampu sein bagian kanan menyala, maka urungkan dulu niat Anda untuk menyalip kendaraan tersebut. Tunggu ia berbelok dan Anda bisa melanjutkan perjalanan. Begitu pun jika lampu sein kiri menyala.

5 dari 5 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.