Sukses

Tenaga Mobil Melempem, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kondisi mesin mobil yang kurang bertenaga menjadi salah satu masalah yang paling merepotkan. Dalam keadaan normal, kendaraan memiliki tarikan yang jarang tersendat sehingga mudah dikendalikan pengendara.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi mesin mobil yang kurang bertenaga menjadi salah satu masalah yang paling merepotkan. Dalam keadaan normal, kendaraan memiliki tarikan yang jarang tersendat sehingga mudah dikendalikan pengendara.

Namun hal berbeda bisa terjadi apabila mobil tak memiliki tenaga. Untuk mengatasi masalah ini, pemilik mobil harus mengetahui penyebab mobil kurang bertenaga. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab mobil kurang bertenaga seperti dilansir Garda Oto, jumat (18/12/2020).

1. Masalah pada komponen pengapian

Salah satu penyebab menurunnya performa mesin ialah masalah pada busi yang menyebabkan proses pengapian mesin menjadi tidak maksimal. Masalah ini juga sangat beragam, mulai dari kabel busi hingga busi yang kotor atau usang.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama periksa kondisi busi mobil satu persatu. Kemudian, bersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang usang. Selain itu, periksa kabel busi.

2. Masalah pada mesin

Mesin yang bermasalah atau mesin yang terlalu panas (overheat) juga dapat menyebabkan penurunan performa kendaraan. Seperti yang telah kita ketahui, mesin mobil merupakan penggerak utama mobil. Oleh karena itu, sangat wajar jika masalah pada mesin menjadi salah satu penyebab mobil kurang bertenaga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, periksa keadaan mesin mobil dan perbaiki di bengkel terdekat. Jika penyebabnya overheat, sebaiknya dinginkan mesin terlebih dahulu, isi atau mengganti oli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Masalah pada filter bahan bakar

Filter bahan bakar berperan penting dalam menyuplai bahan bakar, karena itulah kita harus selalu menjaga agar filter bahan bakar tersebut selalu dalam keadaan baik. Jika filter bahan bakar ini kotor atau tersumbat, maka suplai bahan bakar mesin akan terganggu dan menyebabkan mesin kurang bertenaga.

4. Masalah pada filter udara

Sama seperti filter bahan bakar, filter udara juga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menyuplai oksigen untuk mesin. Hal ini sangat penting bagi proses pembakaran. karena itu filter udara juga harus selalu dalam keadaan baik.

Jika filter udara kotor, maka akan terjadi penyumbatan yang menghambat aliran udara. Jika sudah begitu, maka mobil akan menjadi kurang bertenaga.

 

3 dari 4 halaman

5. Kualitas bahan bakar

Perbedaan kualitas bahan bakar yang paling umum ialah membuat mesin mobil menjadi kurang bertenaga. Perlu diketahui, angka oktan pada masing-masing jenis bahan bakar berbeda.

Semakin tinggi angka oktan, maka bahan bakar tersebut akan semakin bagus. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamax.

4 dari 4 halaman

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.