Sukses

Biaya Kepemilikan Tesla Model 3 Lebih Murah dari BMW dan Toyota Camry

Dalam sebuah laporan yang dirilis Tesla, mereka menyebut biaya kepemilikan Tesla Model 3 lebih murah dari pada sedan premium seperti BMW Seri 3 dan Toyota Camry

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang menjadi pertimbangan seseorang dalam meminang mobil adalah alasan biaya kepemilikannya. Hal ini menjadi hal yang begitu krusial bagi pecinta otomotif sebelum menjatuhkan hatinya pada salah satu merek kendaraan.

Dalam sebuah laporan tersebut, mobil listrik Tesla Model 3 Standar Range Plus, dikabarkan memiliki biaya kepemilikan yang lebih murah daripada pesaingnya, BMW atau Audi.

Mengutip carscoops, Impact Report 2020 melaporkan bahwa efisiensi biaya kepemilikan Tesla tersebut berdasarkan empat indikator, yakni biaya bahan bakar, asuransi, perawatan dan depresiasi harga.

"Keuntungan memiliki armada kendaraan yang selalu online adalah kemampuan untuk menganalisis data dunia nyata daripada hanya dapat menggunakan perkiraan," tulis pernyataan Tesla, dalam sebuah laporannya.

Jika melihat data yang dirilis, biaya kemepilikan Tesla Model 3 SRP tersebut hanya terpaut tipis dari sedan mewah lansiran Toyota, yakni Camry. Dalam tabel tersebut, perawatan Tesla masih lebih murah juga jika dibandingkan dengan Toyota Camry.

"Kami memiliki basis data ekstensif tentang nilai residu tentang Model 3 SRP dan biaya perbaikan, pemeliharaan, penggunaan energi dll. Selain itu, biaya asuransi untuk Model 3 SR Plus ini di bawah di dasarkan pada tingkat asuransi rata-rata yang diproyeksikan di Amerika Serikat untuk pengemudi Tesla Model 3 SR Plus hanya menghabiskan biaya 55 sen per mil," jelas pernyataan Tesla.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dijual dengan Harga Mahal Namun Biaya Perawatan Lebih Murah

Pada temuan Tesla, menunjukan bahwa mobil listrik biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun untuk biaya kepemilikannya justru lebih rendah dari mobil konvensional.

Hal ini dikarenakan penggunaan bahan bakar pada Tesla Model 3 menggunakan listrik, sehingga bisa melakukan penghematan p[engeluaran dalam membeli bahan bakar.

Harga Tesla Model 3 SR Plus sendiri dibanderol USD 39.490 atau setara dengan Rp 567,6 jutaan. Sementara untuk harga Toyota Camry dengan trim XLE, dibanderol USD 29.870 atau Rp 429,3 jutaan.

Sedangkan untuk harga BMW Seri 3 yang menjadi data pembanding dari Tesla ini, dipatok USD 40.750 atau Rp 585 jutaan.

3 dari 3 halaman

Infografis Gempa Megathrust Bayangi Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.