Sukses

Penggunaan Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan

Penggunaan pelumas pada kendaraan yang tepat sangat memengaruhi performa yang dihasilkan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai faktor yang menunjang performa kendaraan, penggunaan pelumas yang tepat memang dianjurkan untuk memberikan dampak yang optimal di sektor mesin.

Hal itu pula yang harus diperhatikan oleh para pemilik motor Suzuki, di mana penggunaan pelumas yang disarankan menggunakan pelumas yang diproduksi oleh Suzuki, yakni Ecstar.

Tentunya ini mengacu pada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaan pelumas tersebut benar-benar cocok untuk kondisi mesin motor Anda.

“Oli mesin berfungsi untuk melumasi permukaan komponen mesin, mengurangi gesekan antar komponen dan mempengaruhi usia pakai kendaraan sehingga harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin kendaraan. Kami menghadirkan ECSTAR sebagai merek genuine oil and chemical yang dirancang semaksimal mungkin untuk melengkapi beragam pilihan jenis dan tipe kebutuhan oli mesin berkualitas untuk kendaraan Suzuki,” jelas Christina Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales.

Jika diuraikan secara terperinci, pelumas ini tidak hanya bertujuan untuk melumasi (lubricating) antar bagian mesin, tetapi ada beberapa fungsi lain lagi yang memberikan dampak positif untuk kinerja mesin kendaraan.

Beberapa fungsi lain dari pelumas tersebut antara lain adalah melindungi (protecting), membersihkan (cleaning), dan mendinginkan (cooling).

Di samping itu, adapun fungsi dari pelumas juga dapat memberikan beberapa manfaat terhadap mesin yang bertujuan untuk menambah performa, merapatkan celah antar piston dengan piston, meredam getaran dan suara, serta sebagai anti karat.

Tidak hanya pada mesin motor, namun untuk jenis mesin tempel yang digunakan pada boat atau perahu, penggunaan pelumas yang tepat juga akan memberikan manfaat yang lebih maksimal terhadap kinerja perahu tersebut.

Dalam penggunaannya, pelumas dari mesin tempel dibedakan atas dua jenis mesin, 2 Tak atau 4 Tak. Masing-masing mesin ini harus menggunakan pelumas Ecstar yang sudah disesuaikan dengan karakter mesin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian Pelumas yang Ditawarkan oleh Ecstar

Pelumas yang dikhususkan untuk kendaraan Suzuki, Ecstar, ini tidak hanya dihadirkan untuk penggunaan di dalam mesin saja, tetapi untuk beberapa komponen yang membutuhkan pelumasan juga sudah disediakan oleh Suzuki.

Beberapa varian pelumas Ecstar ini antara lain adalah 0W-20 SN, 5W-30 SN/GF-5, 5W-30 SL dan 10W-40 SL untuk Gasoline Engine Oil.

Sedangkan Ecstar untuk Gear Oil hadir dengan tipe 75W-80 API GL-4, 75W-90 API GL-4, dan 80W-90 API GL-5.

Sementara pelumas lain yang juga dihadirkan oleh Ecstar juga meliputi ECSTAR ATF AW-1 dan ECSTAR ATF 3317 untuk ATF Fluid, serta Brake Fluid DOT3, Brake Fluid DOT4, Throttle Body & Intake Cleaner, Brake Cleaner dan ECSTAR Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed untuk pemeliharaan kendaraan.

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi yang Belum Banyak Diketahui

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.