Sukses

Dua Model Terbaru Yamaha R15 Selisih Rp 4,6 Juta, Ini yang Membedakan Keduanya

Dengan selisih harga Rp 4,6 juta, R15 Connected sebagai trim paling terjangkau tentu punya perbedaan dengan R15M Connected. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan R15 Connected dan R15M Connected. Masing-masing dibanderol Rp 38,9 juta Rp 43,5 juta on the road Jakarta. 

Dengan selisih harga Rp 4,6 juta, Yamaha R15 Connected sebagai trim paling terjangkau tentu punya perbedaan dengan R15M Connected. Apa saja? Mari kita bedah satu per satu.

Secara garis besar, baik R15 standar dan versi M punya bahasa desain yang baru dan sedikit mengambil siluet visual dari motor balap YZR-M1, superbike YZF-R1 dan YZF-R7.

Dari depan sampai buritan keduanya sama, namun dibedakan dengan penggunaan beberapa part kosmetika. Pada varian Yamaha R15M tampil lebih sporty dan eksklusif.

Pembeda pertama ada di livery, R15M punya 2 opsi yakni Icon Performance (Metallic Grey) dan The Racing Blood of Yamaha (60Th Anniversary Grand Prix). Khusus untuk warna silver memiliki detail striping yang identik dengan superbike Yamaha YZF R1 dan YZF R1M.

Karena sebagai trim paling mahal, varian ini dilengkapi dengan emblem atau logo bertuliskan R15M 3D di dekat tangki BBM.

Detail yang lain adalah dari penggunaan jok berdesain spesial karbon dengan embos tulisan M, tutup atau cover suspensi depan dengan logo M, kaliper berkelir emas, sampai lengan ayun dan cover knalpot yang dicat abu-abu metalik.

Soal fitur R15M paling lengkap. Dia dibenamkan Assist & Slipper Clutch, Traction Control System (TCS), Dual Channel ABS, panel meter full digital, suspensi depan upside down, dan teknologi konektivitas Yamaha Connect alias Y-Connect.

Kemudian hadir juga panel meter yang tampilannya mirip dengan moge R1. Di situ, selain menampilkan ragam informasi dari kendaraan dan indikator Y-Connect, pengendara juga bisa mengatur 2 mode interface-nya yakni Street dan Track.

Kemudian dilengkapi dengan lampu LED proyektor, pemanis DRL, dan lampu stop belakang yang sudah LED. Sayangnya penanda sein masih mengusung lampu halogen biasa.

Lantas bagaimana dengan R15 Connected standar? Karena diset dengan harga paling terjangkau terpaksa beberapa teknologi harus absen. Misalnya tak ada Quick Shifter, Dual ABS, kontrol traksi, dan panel meternya masih menggunakan tipe yang lama seperti di generasi sebelumnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi dan Output Mesin Tak Berubah

Rangka berjenis twin spar atau delta-boxnya sama-sama menggendong mesin 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Saat penjelasan teknis, motor ini masih memproduksi tenaga dan torsi yang sama dengan R15 V3.

Artinya, di atas kerta dia memiliki tenaga maksimal 14,2 kW atau 19 daya kuda pada putaran mesin 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm. Output itu disalurkan lewat transmisi manual 6-percepatan.

Kehadiran R15 anyar di Indonesia boleh dibilang membuat standar baru untuk segmen motor sport full fairing 150 cc. Bagaimana tidak, dia jadi model yang paling canggih saat ini dengan ragam teknologi yang dibawanya.

Sebut saja fitur Quick Shifter, kontrol traksi, Dual-ABS, dan panel meter opsi street dan track belum dimiliki para kompetitor terdekatnya. Mau tak mau, agar bisa berkompetisi di pasar setidaknya Honda CBR150R atau GSX-R150 harus disuntik salah satu teknologi canggih itu.

Sebagai informasi, dengan segala ubahan yang terjadi di R15 terbaru turut mengatrol harganya. Jika dibandingkan dengan model terdahulu, R15 Connected (standar) dijual lebih mahal Rp 1.495.000.

Sementara R15M Connected ABS menjadi motor sporty entry level paling mahal di Indonesia. Bahkan jika dibandingkan dengan Honda CBR150R ABS selisihnya adalah Rp2.420.000. Tapi perlu diingat lagi, jagoan Honda itu tak dibekali teknologi canggih seperti yang ada di R15M.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.