Sukses

Petugas SPBU Wajib Tahu, Ini Modus Baru Penipuan saat Mengisi Bensin

Usai mengisi bensin, seorang pemotor meminta uang kembalian ke petugas SPBU. Padahal pemotor tersebut sama sekali belum membayar.

Liputan6.com, Bandung - Kejahatan bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Selalu ada modus penipuan baru yang harus diwaspadai, salah satunya yang terjadi di SPBU Riung, Bandung seperti dalam video unggahan akun TikTok @senjabn pada Selasa (25/1/2022).

Usai mengisi bensin, seorang pemotor meminta uang kembalian ke petugas SPBU. Padahal pemotor tersebut sama sekali belum membayar. Berikut ulasan lengkapnya!

"MODUS TERBARU DISEKITAR RIUNG BANDUNG?? HARAP UNTUK SPBU YG DEKAT DENGAN SPBU RIUNG BANDUNG AGAR SELALU INGAT DAN BERHATIHATI DENGAN MODUS UANG SUDAH BAYAR NYATA NYA BELUM," keterangan video.

Isi Bensin Rp15 Ribu

Dari rekaman CCTV yang diunggah, awalnya terlihat ada dua pria yang mengendarai motor sedang mengisi bensin. Diketahui bahwa mereka mengisi bensin Rp15 ribu, namun meminta kembalian padahal belum membayar.

"Hati-hati modus terbaru, dari SPBU 3440226. Kedua orang ini dia mengisi bensin Rp15.000 dengan uang Rp100.000. Setelah itu orang yang membayar uang, dia mengambil uangnya dengan alasan ada uang pas," ujar Se pegawai SPBU.

Usai uang Rp100 ribu diambilnya lagi, pria pelaku dugaan penipuan itu kemudian malah memasukkannya ke saku celananya. Kemudian ia malah bertele-tele meminta uang kembalian jangan receh dan nota pembayaran ke petugas.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Minta Kembalian

Wanita petugas SPBU yang melayaninya langsung mengambilkan uang kembalian. Namun ketika diminta uangnya Rp100 ribu untuk membayar, si pelaku malah mengaku sudah menyerahkannya.

"Saya ngambil kembalian dan saya minta lagi uang 100-nya, nggak ada katanya, kan tadi udah katanya," jelas petugas.

Dalam video pun pria tersebut masih ngotot telah membayar bensin. Padahal petugas SPBU telah memergokinya memasukkan lagi uang Rp100 ribu ke sakunya.

"Dia masih kekeh guys, katanya udah uangnya udah, padahalkan saya sendiri yang merasa kalau dia yang belum bayar dan saya melihat dia memasukkan uangnya ke saku dia lagi," jelasnya lagi.

Tertangkap Basah

Petugas SPBU mengaku sangat marah kepada pelaku dan ia memutuskan untuk memanggil satpam. Ketika digeledah, pelaku malah mengambil uangnya di dalam saku dan menggenggamnya.

"Di sini dia ngambil lagi uangnya, nah uangnya disimpen di tangan. Saya tunjuk di tangan ada uangnya," jelasnya.

"Dia meminta maaf dengan kata-kata yang sesimple itu. Saya gak enaknya dia ngomong teteh butuh uang 100 sok ambil. Padahal kan posisi di situ saya belum menerima uang ya," jelasnya. 

3 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 690 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menyayangkan aksi dugaan penipuan ini.

"perihal 15k bisa berujung ke polsek," tulis ramadhan_abim

"tetehnya hebat bangett, berani, fokus lagi pas kerja harus naik gaji nihhh," jelas Erfin Hidayat

"Keren teh beranii bgt kalo saya udah dagdigdug ngelas pastii," komentar Bocahsumeng

"Cerdas mba nya, makasih sama pengalamannya mba," tulis Ashaaaaa

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron