Sukses

Jangan Tertipu, Ini Cara Mudah Bedakan Oli Mobil Asli atau Palsu

Oli atau pelumas menjadi salah satu komponen penting untuk kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Liputan6.com, Jakarta - Oli atau pelumas menjadi salah satu komponen penting untuk kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Bertugas untuk melapisi atau melumasi dan melindungi komponen mesin agar terhindar dari gesekan yang berlebih saat mesin bekerja, para pemilik wajib melakukan penggantian oli mobil secara berkala untuk menjaga performa mesinnya.

Selain itu, oli juga berperan sebagai penstabil suhu mesin saat aktif bekerja, yang tentu saja menghasilkan panas. Dengan begitu, suhu panas tersebut akan cepat tersalurkan dan mesin pun dapat bekerja maksimal.

Oli pun memiliki kemampuan sebagai pembersih. Ketika oli melumasi dan bersirkulasi, maka kotoran yang timbul akibat sisa pembakaran dan partikel logam dari komponen mesin akibat gesekan dapat terbawa semua.

Namun, saat ini banyak beredar oli mobil palsu, dan tentu saja dengan iming-iming harga yang lebih terjangkau. Lalu, bagaimana caranya mengetahui oli mobil asli atau palsu?

Ivan Sebastian, Pemilik Cakra Motor 11, bengkel yang menyediakan oli dan aki untuk mobil menjelaskan cara mengetahui oli mobil asli atau palsu bisa cek pada bagian botolnya.

"Biasanya oli palsu menggunakan packaging atau botol yang sudah bekas. Cek sisi luar botol, jika bersih baik dari sisi luar, atas dan bawahnya maka dipastikan itu adalah asli dan ditambah stiker yang utuh atau tidak sobek," ujar Ivan.

Ivan mengatakan, saat ini pabrikan berupaya membuat produknya sulit dipalsukan dengan cara membuat tutup botolnya unik dan bisa digunakan satu kali saja. Jika sudah terbuka, maka tidak bisa digunakan kembali.

"Cek seal bagian bawahnya, jika masih menyatu dengan baik, maka oli tersebut asli," tegasnya lagi.

Langkah terakhir cek ID di botol oli. Jika melihat nomor botol oli tidak sama dengan tutupnya, pemelik mobil perlu curiga. Biasanya, botol diproduksi oleh pabrikan dengan sudah ada nomor identitas yang sama dengan tutup botolnya.

"Maintenance mobil tidak harus ribet, fokus pada mesin sebagai jantung pacu mobil agar tetap terawat dengan memberikan oli atau pelumas mobil yang asli," jelas Ivan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Resseler

Sementara itu, Cakra Motor 11 yang merupakan bengkel spesialis oli dan aki berusia 30 tahun, kini membuka peluang untuk menjadi reseller. Tentunya, dengan mengikuti program tersebut, terdapat keuntungan yang bisa diperoleh, seperti buy back up to 50% dari pembelian, ada training group untuk reseller, hingga produk oli dan aki mobil yang dijamin asli.

Langkah dan persyaratan menjadi reseller pun sangat mudah. Cukup menghubungi tim Cakra Motor 11 via Instagram @cakramotor11, Web, Blog atau Marketplace. Untuk informasi lainnya, bisa kunjungi website resmi Cakra Motor 11.

"Cakra Motor 11 memiliki pengalaman selama kurun waktu 30 tahun sekaligus menjadi spesialis oli dan aki di Tanah Air, maka kami akan membuka peluang baru bagi para calon reseller agar dapat berkolaborasi dengan kami," pungkas Ivan.

Sebagai informasi, merek oli dan aki yang tersedia di Cakra Motor 11, antara lain PTT, Amsoil, Shell, Repsol, Castrol, Mobil1, Motul, Petronas, Toyota Motor Oil (TMO), Honda E-Pro dan masih banyak lainnya.

Berikut alamat bengkel Cakra Motor 11 di Jakarta dan sekitarnya:

1. Cakra Motor Taman Surya: Jl. Taman Surya Boulevard No.3, Kalideres, Jakarta Barat

2. Cakra Motor Jakarta Kota: Jl. Ratu Kemuning No.26, Kebun Jeruk, Jakarta Barat

3. Cakra Motor Blok M: Blok M Mall Blok B Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

4. Cakra Motor ITC Fatmawati: Ruko ITC Fatmawati Blok B1 No 7-8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

5. Cakra Motor 11 Cinere Segar: Pasar Segar Ruko AutoPart Blok ROA No.3, Cinere, Depok

6. Cakra Motor 11 Gading Serpong: Jl. Raya Kelapa Puan Blok AD14 no 16&17, Tangerang

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.