Sukses

Beli Honda Vario 160 CBS Lalu Disulap Jadi ABS, Untung atau Buntung?

All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS (Combi Brake System) dan ABS(Anti-lock braking system). Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red.

Liputan6.com, Jakarta - All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS (Combi Brake System) dan ABS(Anti-lock braking system). Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Tipe ABS memiliki velg dengan warna Burnt Titanium serta sentuhan emblem Vario yang semakin memberikan kesan lebih premium.

PT AHM (Astra Honda Motor) memasarkan All New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25,9 juta untuk tipe CBS, dan Rp 28,7 juta untuk tipe ABS. Dengan perbedaan harga tersebut, tentu calon konsumen yang mempertimbangkan harga akan mengambil varian CBS.

Namun, tidak menutup kemungkinan saat sudah memiliki varian CBS lalu ingin menambahkan fitur ABS dengan memodifikasinya. Apakah modifikasi tersebut direkomendasikan? Reza Rezdie selaku Technical Service Division AHM memberikan tanggapannya.

"Pada prinsipnya sih kalau dimodif semuanya juga bisa. Tapi banyak yang harus diganti, pertama nambah modulator ABS, lalu mengganti sistem kelistrikan atau kabel, terus di bagian mekanis roda belakang sebelumnya menggunakan pelek khusus drum brake, kalau ganti ABS dengan disc brake harus ganti pelek. Jadi cukup banyak yang diganti," ungkap Reza saat sesi diskusi virtual, kemarin (07/04/2022).

Selain itu, ada konsekuensi yang harus dihadapi oleh konsumen jika menambahkan sistem pengereman ABS pada varian CBS. " Tipe CBS ganti ke ABS, maka sistem CBS harus dilepas, CBS connecting cable mau tidak mau dilepas. Secara prinsip kita tidak menyarankan modifikasi (CBS jadi ABS) karena menggugurkan garansi, dan belum tentu kinerja lebih optimal. Secara keekonomisan, mengeluarkan ongkos modifikasi CBS ke ABS akan lebih mahal dibanding langsung beli varian ABS," pungkas Reza.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Vario 160 dan PCX 160 Pakai Mesin yang Sama, Tapi Kok Tenaganya Beda

Bicara soal mesin, All New Honda Vario 160 mengusung ukuran kubikasi yang sama dengan produk PCX 160. Menariknya, jika dibandingkan lewat data di atas kertas, meski dengan mesin yang sama, output kedua mesin berbeda. 

All New Honda Vario 160 menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,4 PS pada putaran 8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada putaran 7000 rpm.

Sementara PCX 160 lebih besar, yakni 16 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Mengapa demikian? Apakah Honda memberikan settingan berbeda terkait segmentasi dengan kedua produk skutik tersebut?

Perkiraan ini ditolak langsung oleh Yuichiro Morikawa, Large Project Leader Honda Motor Co.,Ltd dalam sesi peluncuran All New Honda Vario 160. Menurut Morikawa, mesin Vario 160 dan PCX 160 tidak memiliki perbedaan sama sekali.

"Dari hasil pengujian mesin keduanya setara, baik performa maupun torsi. Tidak ada perbedaan. Perbedaan pastinya hanya bentuk (desain)," ucap Morikawa, Rabu (2/2/2022).

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjelaskan, perbedaan data yang hadir di lembar spesifikasi ini terjadi karena pengujian yang berbeda dengan Honda PCX 160.

Menurut Thomas pihaknya menguji mesin Vario 160 dengan menggunakan bahan bakar Ron 88 karena inilah bahan bakar yang kebanyakan digunakan pengguna Vario 160 di berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi ketika pengujian PCX 160 kita pakai BBM RON 90. Untuk Vario 160, karena penggunaannya harian, kita sertakan hasil pengujian yang menggunakan bensin RON 88. Pengguna Vario 160 ini nantinya ada di berbagai daerah jadi kami sesuaikan dengan hasil pengujian RON 88 itu," ucap Thomas di waktu yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.