Sukses

Mengenal Langkah-Langkah Pembuatan Bus di Karoseri

Pengguna transportasi umum sudah pasti pernah melihat atau menggunakan bus. Kendaraan berukuran besar ini memiliki tampilan beragam yang memukau.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna transportasi umum sudah pasti pernah melihat atau menggunakan bus. Kendaraan berukuran besar ini memiliki tampilan beragam yang memukau.

Laksana sebagai salah satu karoseri yang eksis sejak lama pun mengerjakan bus-bus dengan gaya modern seperti yang banyak beredar belakangan ini. Mereka memiliki lahan pengerjaan seluas 14 hektar sehingga cukup komplet dalam urusan pengerjaan dari nol hingga berwujud bus.

"Area karoseri Laksana ini luasnya sekitar 14 hektar. Jadi kalau jalan kaki ya lumayan," ujar Danang Maulana Arifianto, Bus & Coach Consultan Laksana karoseri coba menggambarkan.

Showroom Laksana sendiri terletak di Jl Raya Ungaran KM. 24,9, Semarang, Jawa Tengah. Di sini, kita bisa melihat proses pembuatan bus dari berupa rangka. Bagian apa yang pertama sekali digarap dalam pembuatan bus? Ia menjelaskan bahwa bagian tersebut adalah lantai bagian bawah. "Dari lantai dulu, baru kemudian lantai atas. Selanjutnya atap, kemudian pasang muka depan dan belakang," ujarnya.

Baru kemudian tahap selanjutnya adalah penggarapan panel-panel bagasi. Ia mengatakan bahwa pembuatan di tahap awal ini baru sekadar susunan pelat. "Jadi secara proses dari awal dari sasis masih kosong kayak Tamiya, masih pelat-pelat saja belum ada cat-nya," kata dia.

Jika sudah terbentuk, maka proses selanjutnya adalah pengecatan. Pada tahap ini, umumnya Laksana bisa mengerjakannya dalam waktu 2 minggu dengan catatan tampilan simpel. Baru setelahnya adalah tahap finishing. "Tahap akhir finishing. Dari peraktan awal pasang kaca, vinyl karpet, lantai, AC, audionya nanti di situ. Begitu pula elektrikalnya," kata dia. Khusus bagian finishing ini, estimasi pengerjaan dengan kondisi standar adalah 1 minggu sudah selesai.

Sumber: Otosia.com 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bus Tingkat Listrik Ini Bertenaga Buas

Di tengah tren elektrifikasi yang lebih banyak menyasar segmen kendaraan penumpang, perusahaan ini justru berbuat sebaliknya dengan menghadirkan bus bertingkat yang dibekali dengan tenaga listrik.

Melalui kehadiran bus listrik ini, tujuannya adalah dapat menghilangkan angkutan perkotaan yang menghasilkan emisi buruk bagi lingkungan.

Dengan kehadiran bus tingkat listrik ini, mereka percaya bahwa lingkungan akan menjadi lebih hijau lantaran tidak ada emisi yang dihasilkan.

Bus tingkat in berasal dari Equipmake, sebuah perusahaan elektrifikasi kendaraan komersial. Mereka juga dibantu oleh Jewel E dan Beulas dalam membangun bodi serta struktur lainnya untuk menciptakan bus tingkat bertenaga listrik.

Mengutip motor1, bus listrik ini sudah dibekali dengan tenaga yang begitu besar. Berdasarkan informasinya, bus listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 536 tk dan trosi maksimum 3.500 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.